EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KARIR SISWA
THE EFFECTIVENESS OF THE CINEMA THERAPY TECHNIQUE GROUP GUIDANCE TO IMPROVE STUDENTS' CAREER SELF-EFFICACY
Siswa kelas IX SMP Negeri 27 Surabaya memiliki permasalahan dalam bidang karir mengenai rencana siswa setelah lulus sekolah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat masalah mengenai efikasi diri karir siswa. Bimbingan dan Konseling di sekolah tersebut tidak berjalan dengan semestinya, siswa tidak pernah mendapatkan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu mengatasi masalah karir. Oleh karena itu perlu diupayakan untuk mengatasi permasalahan siswa terhadap efikasi diri karir melalui bimbingan kelompok teknik cinema therapy. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik cinema therapy untuk meningkatkan efikasi diri karir siswa kelas IX SMP Negeri 27 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis rancangan penelitian eksperimen adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design, karena peneliti menggunakan satu kelompok yang akan dibagi menjadi dua yaitu setengah kelompok untuk kelompok kontrol dan setengah kelompok untuk kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan berdasarkan 3 dimensi efikasi diri, sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon (signed ranks test) untuk uji jenjang bertanda. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf kesalahan 5% (0,05). Pada kelompok eksperimen nilai Asymp. Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,018 < 0,05 berarti hipotesis diterima, bahwa bimbingan kelompok teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan efikasi diri karir siswa.
Kata Kunci: cinema therapy, efikasi diri karir, peningkatan
Class IX students of SMP Negeri 27 Surabaya have problems in the career field regarding student plans after graduating from school. Based on the results of preliminary studies there are problems regarding students' career self-efficacy. Counseling and Guidance at the school did not run properly, students never received counseling guidance services in helping to overcome career problems. Therefore, efforts need to be made to overcome students' problems with career self-efficacy through group guidance on cinema therapy techniques. The purpose of the study was to determine the effectiveness of group guidance on cinema therapy techniques to improve career self-efficacy for class IX students of SMP Negeri 27 Surabaya. The type of research used is experimental research with a quantitative approach. The type of experimental research design is Quasi Experimental Design with the type of Nonequivalent Control Group Design, because the researcher uses one group which will be divided into two, namely half group for control group and half group for experimental group. The instrument used is based on 3 dimensions of self-efficacy, its validity and reliability have been tested. Data analysis used the Wilcoxon test (signed ranks test) for the marked level test. The results of hypothesis testing using the Wilcoxon test in the experimental group and control group with an error rate of 5% (0.05). In the experimental group the Asymp value. The significance (2-tailed) of 0.018 <0.05 means that the hypothesis is accepted, that the group guidance of cinema therapy techniques is effective in increasing students' career self-efficacy.
Key Word: Cinema Therapy, Career Self Efficacy, Improvement