Analisis Faktor Konsep Diri, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Ekonomi
Analysis of Self Concept Factors, Family Environment and Learning Motivation on Economic Learning Discipline
Disiplin belajar menjadi hal yang penting dalam proses pelaksanaan pendidikan, rendahnya tingkat disiplin belajar pada siswa dapat menjadikan proses pembelajaran terhambat. Adanya sikap disiplin belajar pada siswa juga dipegaruhi oleh faktor dari dalam diri dan luar diri siswa.Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh dari variabel konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14 Surabaya. Dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan menghasilkan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 104 siswa dari kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner dan untuk menganalis data menggunakan metode analisis data deskriptif serta analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konsep diri berpengaruh secara positif terhadap disiplin belajar. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap disiplin belajar serta variabel motivasi belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh positif konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar ekonomi, sehingga penelitian ini dapat dijadikan masukan guna memperkuat hubungan kerjasama antara siswa, orang tua dan guru dalam proses pembelajaran ekonomi.
Learning discipline is an important thing in the process of implementing education, the low level of learning discipline in students can hamper the learning process. The existence of learning discipline attitudes in students is also influenced by internal and external factors. This study aims to determine the effect of self-concept variables, family environment and learning motivation on learning discipline in economic subjects class XI IPS SMA Negeri 14 Surabaya. By determining the sample using random sampling technique and producing the number of samples used were as many as 104 students from class XI IPS. The data was collected using a questionnaire or questionnaire and to analyze the data using descriptive data analysis methods and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that self-concept has a positive effect on learning discipline. The family environment variable has a partial effect on learning discipline and the learning motivation variable has a positive effect on the learning discipline of economic subjects for class XI students of SMA Negeri 14 Surabaya. Based on the results of the study, it is known that there is a positive influence on self-concept, family environment and learning motivation on economic learning discipline, so this research can be used as input to strengthen the cooperative relationship between students, parents and teachers in the economic learning process.