Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh permainan berbasis android Simple NOMIC yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Tata Nama senyawa anorganik sederhana berdasarkan validitas, kepaktisan, dan keefektifan permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) oleh Sukmadinata yang terdiri dari tiga tahap, yaitu 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian. Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di kelas X MIPA 3 SMAN 1 Manyar-Gresik terhadap 12 peserta didik. Validitas diperoleh dari penilaian permainan Simple NOMIC oleh validator, yaitu 2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dan hasil observasi aktivitas peserta didik selama menggunakan permainan sebagai media pembelajaran. Keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, permainan Simple NOMIC memperoleh persentase validitas sebesar 75% hingga 100% dari validitas isi dan validitas konstruk, kepraktisan permainan pada aspek kemenarikan memperoleh persentase kepraktisan sebesar 95%, pada aspek kemudahan permainan memperoleh persentase sebesar 96% dan kejelasan isi dan bahasa memperoleh presentase kepraktisan sebesar 95%, untuk aktivitas peserta didik memperoleh presentase rata-rata 96,75%, sementara untuk keefektifan memperoleh nilai rata-rata n-gain yang dilihat dari kenaikan hasil belajar peserta didik sebesar 0,81 dengan kriteria Tinggi yang menyatakan bahwa permainan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka permainan Simple NOMIC layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Kimia Tata Nama Senyawa Anorganik Sederhana
Kata Kunci: Kelayakan Permainan Simple NOMIC, Media Pembelajaran, Tata Nama Senyawa Anorganik Sederhana
The aim of this research is to obtain Simple NOMIC game based android that are feasible as a learning media on nomenclature of inorganic compounds based on validity, practicality, and effectiveness of the game. This research use a Research and Development (R&D) method by Sukmadinata which consist of three stages, 1) introduction, 2) development, and 3) trial. However, in this research only done until limited trial test. Limited trial test was conducted in X MIA 3 at SMAN 1 Manyar Gresik to 12 students. Validity obtained from the assessment of the Simple NOMIC game by the validator. Practicality obtained from the results of the questionnaire responses of students and observations of student activities while using the game as learning media. Effectiveness obtained from the learning outcomes of student. Simple NOMIC game obtained percentage of validity 75% up to 100% from content validity and construct validity, the practicality of the game on attractiveness aspects obtained practical percentage of 95%, on the aspects of easiness obtained practical percentage of 96% and on the aspect of clarity content and language obtained percentage 95%, for the activities of students obtaining an average percentage of 96.75%, while the effectiveness of the Simple NOMIC game declared effective seen from the increase learning outcomes of students who get n-gain obtaining an average 0,81 with high category. Based on that result, Simple NOMIC game is feasible as a learning media in chemistry material, nomenclature of inorganic compounds.
Keywords: Feasibility of Simple NOMIC game, Learning Media, Nomenclature of inorganic compound.