Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Bukopin Kcp Gresik
The Effect of Islamic Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Bukopin Kcp Gresik
Meningkatkan kepuasan nasabah merupakan sebuah keharusan bagi perbankan syariah, mengingat persaingan dalam bisnis jasa keuangan semakin ketat. Kepuasan nasabah dapat menjaga eksistensi perbankan syariah. Salah satu instrumen yang dapat meningkatkan kepuasan nasabah adalah dengan memberikan layanan yang berkualitas. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan perbankan syariah terhadap kepusan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang terdiri dari variable bebas kualitas pelayanan islami yang menggunakan indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan kepatuhan syariah. Teknik pengambilan data menggunakan accidental sampling dengan jumlah 100 responden. Data diolah menggunakan meode regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini yaitu kualitas pelayanan islami berpengarh terhadap kepuasan nasabah yang berarti bahwa 21,4 % variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas layanan islami.
Kata Kunci: Kualitas pelayaan islami, kepuasan nasabah, perbankan syariah.
Increasing customer satisfaction is a necessity for Islamic banking, given the increasingly fierce competition in the financial services business. Customer satisfaction can maintain the existence of Islamic banking. One of the instruments that can increase customer satisfaction is to provide quality services. This study aims to determine the effect of the quality of Islamic banking services on customer satisfaction. This type of research is a quantitative study consisting of independent variables Islamic service quality using indicators of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy, and sharia compliance. Data collection techniques using accidental sampling with a total of 100 respondents. Data is processed using simple regression method. The results of this study are the quality of Islamic service influences customer satisfaction which means that 21.4% of customer satisfaction variables can be explained by Islamic service quality variables
Keywords: The quality of Islamic service, customer satisfaction, Islamic banking.