THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON THE VALUE OF INDEPENDENCE IN EARLY CHILDREN
Kemandirian pada anak usia dini sangat penting untuk menumbuh kembangkan sikap kemandirian di dalam diri anak. Permasalahan yang terjadi pada kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Gresik adalah beberapa anak sudah mampu menunjukkan kemandirian intelektualnya dan masih terdapat anak yang belum menunjukkan kemandirian intelektualnya, serta bergantung kepada orang lain selama pembelajaran daring dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap nilai kemandirian intelektual anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mengumpulkan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian dan analisis data menggunakan tes correlation untuk menentukan validitas dinyatakan valid hasil akhir pada angket ini yakni sig 0.01 karena <0.05. Hasil reliabilitas pada penelitian ini adalah 0.882 yang mana dapat dikatakan reliabel karena melebihi >6. Korelasi hubungan antara variabel x dan y terdapat hubungan sebesar 16.6%. Terdapat pengaruh kemandirian pada anak ketika melakukan pembelajaran daring di rumah dan masuk dalam kategori rendah. Kemandirian intelektual bagian percaya diri mendapat hasil paling banyak. Pada kemandirian bagian percaya diri anak sudah banyak berinteraksi dan memamerkan hasil pembelajarannya di depan orang lain dan sudah mampu untuk berinteraksi dengan orang lain selain orang tua.
Kata Kunci: kemandirian, pembelajaran daring
Independence in early childhood is very important to develop an attitude of independence in children. The problem that occurs in group A of TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Gresik is that some children are able to show their intellectual independence and some still have not shown their intellectual independence and depend on others during online learning. The purpose of this study was to determine the effect of online learning on the value of intellectual independence of children aged 4-5 years group A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Gresik. The research method used is a survey method with a quantitative approach. Data collection techniques used by collecting questionnaires and data analysis using SPSS 22 for windows program. The results of the study and data analysis using the correlation test to determine the validity of the final results declared valid in this questionnaire, namely sig 0.01 because <0.05. For reliability in this study the result is 0.882 which can be said to be reliable because it exceeds >6. The correlation between the variables x and y there is a relationship of 16.6%. There is an influence of independence on children when doing online learning at home and is included in the low category. The intellectual independence of the self-confidence section gets the most results, which means that the self-confidence part of the child has interacted a lot and exhibited the results of his learning in front of others and has been able to interact with people other than parents.
Keywords: self relience, online learning