PT. Rosan Permai merupakan perusahaan keluarga yang digagas dan didirikan pada tahun 1972 di Jalan Keboan Sikep Gedangan, Sidoarjo. Bergerak di bidang jasa angkutan transportasi penyewaan truck baik jenis engkel maupun gandeng serta dibidang perkebunan tebu, PT. Rosan Permai adalah perusahaan pemasok tebu pabrik – pabrik gula milik BUMN seperti PG. Candi Baru, PG. Tulangan, PG. Krembung, PG. Kebon Agung dan PG. KTM Lamongan.
PT. Rosan Permai ialah perusahaan satu – satunya di kabupaten Sidoarjo yang terdaftar resmi sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang sekaligus pemasok tebu pada pabrik – pabrik gula di area Jawa Timur.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh iklim psikologis terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan PT. Rosan Permai Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 44 responden pada karyawan PT. Rosan Permai Sidoarjo. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Iklim Psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Iklim Psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Kepuasan Kerja memediasi pengaruh antara Iklim Psikologis terhadap Kinerja Karyawan. Namun ditemukan hasil bahwa Iklim Psikologis memiliki pengaruh secara langsung yang lebih besar daripada pengaruh secara tidak langsung terhadap Kinerja Karyawan.
Implikasi penelitian yang bisa diterapkan pada perusahaan yaitu perlunya pemimpin melakukan peningkatan iklim psikologis yang positif dan lebih kondusif pada karyawan agar menumbuhkan nilai kepuasan kerja yang lebih tinggi dalam diri masing – masing karyawan. Selain itu diperlukan pembelajaran pemecahan solusi secara efektif, memotivasi secara individual terkait pekerjaan karyawan. Perusahaan juga harus menentukan dengan tegas dan jelas standart kerja yang harus dipenuhi karyawan sehingga mereka bisa evaluasi diri dan meningkatkan kinerjanya.
PT. Rosan Permai is a family company initiated and founded in 1972 on street Keboan Sikep Gedangan, Sidoarjo. Engaged in the field of transportation services, both ankle and trailer truck rental and in sugar cane plantations, PT. Rosan Permai is a company supplying sugar cane to state-owned sugar factories such as PG. Candi Baru, PG. Tulangan, PG. Krembung, PG. Kebon Agung and PG. KTM Lamongan.
PT. Rosan Permai is the only company in Sidoarjo regency which is officially registered as a company engaged in the delivery of goods and suppliers of sugar cane at sugar factories in the East Java area.
The purpose of this study is to test and analyze the influence of psychological climate on employee performance through job satisfaction on employees of PT. Rosan Permai Sidoarjo. This research is a causality study with a quantitative approach. The sampling technique used a saturated sample with a total of 44 respondents to employees of PT. Rosan Permai Sidoarjo. The statistical analysis used in this study is Partial Least Square (PLS) with the help of smartPLS 3.0 software.
The results of this study explain that the Psychological Climate has a positive and significant effect on Employee Performance. Psychological Climate has a positive and significant effect on Job Satisfaction. Job Satisfaction has a positive and significant effect on Employee Performance. Job Satisfaction mediates the influence of Psychological Climate on Employee Performance. But the results found that the Psychological Climate has a direct influence that is greater than the indirect effect on Employee Performance.
The research implications that can be applied to companies are the need for leaders to enhance a positive and more conducive psychological climate for employees in order to foster a higher value of job satisfaction in each employee. In addition, learning is needed to effectively solve solutions, motivate individually on employee work. The company must also determine firmly and clearly the work standards that must be fulfilled by employees so that they can self-evaluate and improve their performance.