ABSTRAK
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD ) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO
Nama :
Mochammad Syaifudin
NIM :
13050514066
Program Studi : S1 Pendidikan
Teknik Elektro
Jurusan/fakultas : Teknik Elektro/Teknik
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Euis
Ismayati, M. Pd
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan. Kelayakan yang dimaksud dalam penelitian ini ialah kevalidan,
keefektifan dan kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan lembar penilaian (LP). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D) yang telah disesuaikan dengan
keadaan lapangan. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi: (1) studi
pendahuluan, (2) merancang desain pembelajaran, (3) validasi dan revisi, dan
(4) uji coba empiris dan revisi. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest .
Kelayakan perangat pembelajaran
ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh hasil sebagai berikut:(1) RPP perawatan
dan perbaikan setrika listrik mendapatkan rata-rata 84,4% diketegorikan sangat
valid; (2) Modul perawatan dan berbaikan setrika listrik dan hairdreyer listrik
mendapatkan rata-rata 83,3% diketegorikan sangat valid; (3) LP afektif mendapatkan rata-rata 83,5% diketegorikan
sangat valid; (4) LP kognitif mendapatkan
rata-rata 83,3% diketegorikan sangat valid; (5) LP psikomotor mendapatkan
rata-rata 84,9% berkategori sangat valid. Kelayakan perangkatat pembelajaran
ditinjau dari aspek keefektifan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil
belajar afektif mendapatkan dua hasil meliputi sikap spiritual dan sikap sosial
mendapatkan rata-rata 84; (2) hasil belajar kognitif
dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas
sebesar 80,3. Dari hasil uji statistika menggunakan
Paired sample t test diperoleh
th = 41,339> ttabel = 1,70;
(3) hasil belajar psikomotor dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata
kelas sebesar 81,8. Dari hasil uji statistika menggunakan
One-Sample Test diperoleh th
= 5,227> ttabel = 1,70 dengan taraf
signifikansi (α) sebesar 0,01.
Sehingga H0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa lebih
besar dari kriteria ketuntasan minilan (KKM) yaitu 75. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran perbaikan
peralatan listrik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMK Muhammadiyah
2 Taman Sidoarjo dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Dari penjabaran di atas dapat disimpulkan
bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan layak ditinjau
dari aspek kevalidan, keefektifan dan kerpraktisan.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, kevalidan, keefektifan,
kepraktisan.