PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF “MABELIS” BERBASIS WEBSITE PADA MATERI LISTRIK UNTUK SISWA KELAS VI SDN SIDOKUMPUL
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA “MABELIS” WEBSITE BASED ON ELECTRICITY MATERIAL FOR STUDENTS GRADE VI SDN SIDOKUMPUL
Penelitian pengembangan media interaktif “MABELIS” berbasis website ini menghasilkan media pembelajaran IPA materi listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran IPA yang valid, praktos dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen dalam penelitian ini ialah lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan soal tes. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas VI SDN Sidokumpul yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dari ahli maeri sebesar 94% dan ahli media 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dan guru, angket respon siswa diperoleh nilai sebesar 91,8%, angket respon guru sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh dari hasil pretest-posttest dari segi ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 81,9% dengan kategori sangat efektif, serta peningkatan hasil belajar diperoleh melalui N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Sehingga secara keseluruhan media “MABELIS” layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi listrik.
Kata Kunci : pengembangan, MABELIS, hasil belajar
Research on the development of interactive media "MABELIS" based on this website produces science learning media regarding electricity to improve student learning outcomes. The purpose of this research is to produce valid, practical, and effective science learning media. This type of research is R&D (research and development) development research with the ADDIE development model. The instruments in this study are validation sheets, student and teacher response questionnaires, and test questions. The subjects of this study were grade VI students of SDN Sidokumpul, totaling 22 students. The results showed validity from material experts at 94% and media experts at 92%, with a very valid category. Practicality is obtained from student and teacher response questionnaires; student response questionnaires obtained a score of 91.8%, and teacher response questionnaires obtained a score obtained a score of 84% with a very practical category. Effectiveness is obtained from the pretest-posttest results in terms of learning completeness, which obtained a value of 81.9% with a very effective category and an increase in learning outcomes obtained through N-Gain of 0.66 with a moderate category. Overall, the “MABELIS” media is feasible to use and can improve science learning outcomes on electricity material.
Keywords: development, MABELIS, learning outcomes.