ABSTRAK
Keterampilan berbicara merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu dikuasai dalam pembelajaran bahasa jerman. Keterampilan berbicara sangat penting dalam proses pembelajaran untuk dapat menyampaikan pengetahuan yang dimiliki, namun berbicara tidak mudah karena membutuhkan banyak latihan, pembiasaan, penguasaan kosakata, penguasaan ekspresi, pemahaman materi, pemahaman tata bahasa, serta pemahaman pengucapan dan intonasi. Dengan banyaknya sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa jerman, salah satunya adalah media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam keterampilan berbicara bahsa jerman yaitu Media Board Game. Media Board Game merupakan media pembelajaran dalam bentuk permainan yang dimainkan dengan digerakkan dan dipindahkan pada permukaan yang telah ditandai berdasarkan seperangkat aturan (Mike Scorviano (2010). Dalam media tersebut memuat informasi yang berkaitan dengan tema yang dipelajari, sehingga dapat membantu siswa dalam melatih kemampuan berbicara bahasa jerman. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana hasil belajar keterampilan berbicara bahasa jerman menggunakan media Board Game kelas XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan berbicara bahasa jerman menggunakan media Board Game kelas XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. Sumber data penelitian yaitu berupa nilai hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. Penelitian dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Setelah itu data nilai hasil belajar tersebut dapat dideskripsiskan. Berdasarkan rerata hasil belajar pada pertemuan pertama siswa kelas XI A-3 Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya yaitu sebesar 70,19. Dan mengalami perbedaan hasil belajar yang meningkat pada pertemuan kedua, siswa kelas XI A-3 Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya mendapatkan rerata hasil belajar yaitu sebesar 87,78. Maka dapat disimpulkan bahwa media Board Game dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara bahasa jerman dan dapat dimanfaat dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa jerman.
Kata kunci: Media Board Game, Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar
Abstract
Speaking skills are one of the basic abilities that need to be mastered in German language learning. Speaking skills are very important in the learning process to be able to convey the knowledge they have, but speaking is not easy because it requires a lot of practice, habituation, vocabulary mastery, mastery of expression, understanding material, understanding grammar, and understanding pronunciation and intonation. With the many learning resources that can be used in German language learning, one of them is learning media. One of the learning media that can be used in German speaking skills is Media Board Game. Media Board Game is a learning media in the form of games, that are played by being moved and moved on a surface that has been marked based on a set of rules (Mike Scorviano (2010). In the media it contains information relating to the theme being studied, so it can help students practice speaking skills German language formulation of the problem in this study, namely how the results of learning German speaking skills using Board Game media class XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. The purpose of this study is to describe the learning outcomes of German language speaking skills using media Board Game class XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. The source of research data is in the form of the learning outcomes of speaking skills of students of class XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya. The study was conducted in 2 meetings, after which the learning outcomes value data can be described based on the mean results at the first meeting of class XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya students that is equal to 70,19. And experiencing the difference in learning outcomes that increased in the second meeting, students of class XI Semester 2 SMA Negeri 12 Surabaya got a mean of learning outcomes which was equal to 87,78. Then it can be concluded that the Board Game media can improve student learning outcomes in German speaking skills and can be used in learning German speaking skills.
Keywords: Media Board Game, Speaking Skills, Study Results