PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL KARIKATUR TEMA POTRET DIRI UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 14 SURABAYA
DEVELOPMENT OF VIDEO TUTORIAL MEDIA CARICATURE THEME SELF-PORTRAIT FOR CLASS XI STUDENTS SMAN 14 SURABAYA
Video singkat yang ada di media sosial seperti video Youtube Shorts kerap digemari oleh kaum muda. Konten video yang disajikan pun beragam ada yang membahas tentang fakta unik, sejarah, permainan, alat kecantikan, bisnis, berita, dan seni. Konten seni yang jarang diberikan adalah tentang karikatur. Padahal dengan membuat karikatur, kita bisa menyampaikan kritik terhadap tokoh tertentu dan dapat menggunakannya sebagai media hiburan.
Penelitian ini bertujuan, mendeskripsikan konsep perancangan video tutorial, proses pembuatan video tutorial, hasil penerapan video karikatur, dan mengetahui tanggapan atau respon peserta didik kelas XI di SMAN 14 Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Penggunaan metode penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan sebuah produk sudah selesai diuji yaitu video tutorial. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi,dan kuisioner. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu, identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk (1), revisi desain, revisi produk, validasi desain produk (2), dan uji coba pemakaian. Uji coba pemakaian dilakukan kepada 19 peserta didik kelas X1-5 SMAN 14 Surabaya sebagai subjek penelitian.
Konsep perancangan media video tutorial dengan menemukan potensi dan masalah, mengumpulkan data, menyusun materi, konsep video, dan mendesain produk. Peserta didik perlu diberikan penjelasan mendalam tentang karikatur untuk menambah wawasan dan kemampuan menggambar digital. Peneliti membuat 6 video dengan 1 video materi dan 5 video tutorial. Durasi video sekitar 56 detik sampai 59 detik.
Proses pembuatan video tutorial dilakukan dengan mendesain, melakukan dua kali validasi, merevisi, mengpublikasi, dan melakukan uji coba pemakaian. Desain video menggunakan aplikasi menggambar digital Ibis Paint X dan aplikasi mengedit CapCut. Validasi ahli materi tahap pertama mendapat 93,84%, setelah validasi tahap kedua menjadi 100%. Validasi ahli media tahap pertama mendapat 74,66%, setelah validasi tahap kedua menjadi 81,33%. Video tutorial sudah masuk ke dalam kategori sangat baik kemudian di unggah pada akun youtube shorts peneliti. Media video tutorial karikatur tema potret diri untuk peserta didik kelas XI SMAN 14 layak digunakan sebagai media pembelajaran seni rupa.
Hasil penerapan video pada karya karikatur peserta didik yang dinilai menggunakan rubrik penilaian peneliti, didapatkan hasil presentase sebesar 81,14%. Presentase hasil uji coba pemakaian termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga media video tutorial termasuk layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran seni rupa di SMAN 14 Surabaya.
Tanggapan atau respon peserta didik didapatkan dengan memberikan kuesioner menggunakan google formulir. Setelah menggunakan media video tutorial karikatur yang diunggah di Youtube Shorts, peneliti mendapatkan tanggapan atau respon peserta didik dengan presentase sebesar 89,8% yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci : Karikatur, Video Tutorial, Youtube Shorts, Potret Diri, SMAN 14 SBY
Short videos on social media such as YouTube Shorts are often favored by young people. The video content presented also varies, some of which discuss unique facts, history, games, beauty tools, business, news, and art. Art content that is rarely given is about caricatures. Whereas by making caricatures, we can convey criticism of certain figures and can use it as an entertainment medium.
This study aims to describe the concept of designing video tutorials, the process of making video tutorials, the results of applying video caricatures, and knowing the responses or responses of class XI students at SMAN 14 Surabaya.
The research method used in this research is Research and Development (R&D) development research. The use of this research method has the aim of producing a product that has been tested, namely a video tutorial. Data collection techniques with observation, interviews, documentation, and questionnaires. The research steps taken are, identification of potential and problems, data collection, product design, product design validation (1), design revision, product revision, product design validation (2), and trial use. The trial of use was conducted to 19 students of class X1-5 SMAN 14 Surabaya as research subjects.
The concept of designing video tutorial media by finding potential and problems, collecting data, compiling materials, video concepts, and designing products. Learners need to be given an in-depth explanation of caricatures to add insight and digital drawing skills. Researchers made 6 videos with 1 video material and 5 video tutorials. The duration of the video is about 56 seconds to 59 seconds.
The process of making video tutorials is done by designing, conducting two validations, revising, publishing, and conducting a trial use. The video design used Ibis Paint X digital drawing application and CapCut editing application. The first stage of material expert validation received 93.84%, after the second stage of validation it became 100%. The first stage media expert validation received 74.66%, after the second stage validation it became 81.33%. The video tutorial has entered into a very good category and then uploaded to the researcher's youtube shorts account. Media video tutorial caricature theme self-portrait for students of class XI SMAN 14 is suitable for use as a medium of learning visual art.
The results of the application of the video on the caricature work of students who were assessed using the researcher's assessment rubric, obtained a percentage of 81.14%. The percentage of the results of the usage trial is included in the very good category. So that video tutorial media includes feasible and effective use in the learning process of visual art at SMAN 14 Surabaya.
Learner responses or responses were obtained by providing questionnaires using google forms. After using the caricature video tutorial media uploaded on Youtube Shorts, researchers get a response or response from students with a percentage of 89.8% which is included in the very good category.
Keywords: Caricature, Video Tutorial, Youtube Shorts, Self Portrait, SMAN 14 SBY