PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN
THE INFLUENCE OF ACCOUNTING KNOWLEDGE, LEARNING MOTIVATION AND LEARNING INTENSITY ON LEARNING OUTCOMES ACCOUNTING PRACTICUM SUBJECT AT SMK NEGERI 2 BUDURAN
Kurangnya penguasaan peserta didik pada mata pelajaran praktikum akuntansi, kurangnya intensitas dan semangat atau motivasi peserta didik untuk belajar sehingga mendapatkankan hasil belajar yang dibawah rata-rata, sedangkan peserta didik akan melaksanakan PKL menjadi faktor utama dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh pengetahuan akuntansi, motivasi belajar dan intensitas belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Buduran kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil uji analisis menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, 2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, 3) intensitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan 4) pengetahuan akuntansi, motivasi belajar dan intensitas belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar.
The lack of mastery of students in accounting practicum subjects, lack of intensity and enthusiasm or motivation of students to learn so that they get below average learning outcomes, while students will carry out street vendors are the main factors in carrying out this research. This study aims to find out and analyze how the influence of accounting knowledge, learning motivation and learning intensity on the learning outcomes of accounting practicum. The research was conducted at SMK Negeri 2 Buduran class XI Accounting and Financial Institutions using quantitative methods. Based on the results of the analysis test shows that: 1) accounting knowledge has a significant effect on learning outcomes, 2) learning motivation has a significant effect on learning outcomes, 3) learning intensity has a significant effect on learning outcomes and 4) accounting knowledge, learning motivation