Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun
The Effect of Using Gadgets on Language Ability in Children 4-5 Years Old
Penggunaan gadget diketahui dapat berpengaruh pada perkembangan anak usia dini. anak yang terbiasa menggunakan gadget secara kognitif dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan menambah pengetahuan. Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan rendahnya kemampuan bahasa khususnya kemampuan keaksaraan pada anak di TK Setia Karya dan TK Ikhlas di Kecamatan Asemrowo Surabaya. Hal tersebut terlihat saat hasil observasi awal terhadap anak, masih belum mampu menunjukkan simbol huruf vokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experiment dan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 anak usia 4-5 tahun di TK Setia Karya dan TK Ikhlas di Kecamatan Asemrowo Surabaya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh, sehingga peserta didik yang dijadikan sampel berjumlah 40 anak dengan 20 anak pada kelompok eksperimen dan 20 anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan observasi dan pretest-posttest. Menggunakan teknik analisis data uji hipotesis t dengan menggunakan SPSS 23.0. Pada uji validitas menggunakan jenis validitas konstruk didapatkan dari pendapat ahli yaitu Ibu Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Pengujian reliabilitas memperlihatkan nilai Cronbach’s Alpha pada tabel uji reliabilitas memperlihatkan nilainya yang melebihi yakni ˃ 0,6 sehingga kesimpulannya yakni item indikator ini sifatnya reliabel. Dari pengujian normalitas, data berdistribusi normal dengan hasil output pengujian memiliki nilai signifikansi > 0,05. Sehingga pada uji Paired Sample T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 dan hasil dari uji Independent Sample Test diperoleh nilai Equal variances assumed Sig (2-tailed) sebesar 0,845 ˃ 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh dari penggunaan gadget dengan penayangan audio visual menggunakan laptop terhadap kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan keaksaraan awal dengan pengenalan huruf vokal (a, i, u, e, o), terlihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata pretest yang memiliki skor 33,20 dengan nilai rata-rata posttest dengan skor 36,20 yang artinya mengalami kenaikan setelah diberikan treatment penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. Namun, tidak ada perbedaan rata-rata hasil kemampuan antara model pembelajaran dengan penggunaan gadget dengan model pembelajaran secara konvensonal. Untuk hasil dari seberapa besar pengaruh dari pembelajaran menggunakan metode penggunaan gadget, didapatkan hasil koefisiensi determinasi skor 83,2 % yang memiliki pengertian berada pada kategori tinggi.
The use of gadgets is known to have an effect on early childhood development. children who are used to using gadgets cognitively can develop thinking skills and increase knowledge. The background of this research is the problem of low language skills, especially children's literacy skills in Setia Karya Kindergarten and Ikhlas Kindergarten in Asemrowo District, Surabaya. This is because when entering a new school year, children are still adapting to the environment and activities at school. Likewise, the ability to recognize new letters will be given after the child is familiar with activities at school. Because previously the children were not in the Play Group because the parents did not want their children to take part in online learning and thought that it was difficult for children to participate in learning through gadget screens. The purpose of this study was to determine the impact of using gadgets on the language skills of children aged 4-5 years. Using a quantitative research approach with the type of Quasi experiment and Nonequivalent Control Group design. The population used in this study were 40 children aged 4-5 years in Setia Karya Kindergarten and Ikhlas Kindergarten in Asemrowo District, Surabaya. The sampling technique in this study used the saturated sample method, so that 40 students were sampled, with 20 children in the experimental group and 20 children in the control group. Data collection techniques from this study were observation and pretest-posttest. Using data analysis techniques to test the hypothesis t using SPSS 23.0. In the validity test using the type of construct validity obtained from expert opinion, namely Mrs. Nur Ika Sari Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. The reliability test shows that the value of Cronbach's Alpha in the reliability test table shows a value that exceeds ˃ 0.6 so that the conclusion is that this indicator item is reliable. From the normality test, the data is normally distributed with the output test results having a significance value of > 0.05. So that the Paired Sample T Test obtained the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 ˂ 0.05 and the results of the Independent Sample Test obtained Equal variances assumed Sig (2-tailed) of 0.845 ˃ 0.05, then Ho is accepted and Ha is rejected. So, it can be concluded that the research results obtained are that there is an influence from the use of gadgets with audio-visual broadcasts using a laptop on children's language skills, especially initial literacy skills with the introduction of vowels (a, i, u, e, o), seen from the difference in mean scores - average pretest which has a score of 33.20 with an average posttest score of 36.20 which means that it has increased after being given treatment using gadgets as learning media. However, there is no difference in average ability results between learning models using gadgets and conventional learning models. For the results of how much influence learning uses the method of using gadgets, the results of a determination coefficient score of 83.2% which have an understanding are in the high category.