Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendekripsikan keterlaksanaan model pembelajaran, aktivitas, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar ranah pengetahuan, dan respon peserta didik pada materi laju reaksi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan pada keterampilan berpikir kritis yakni pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design, serta pada hasil belajar ranah pengetahuan yakni One-Shot Case Study. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Perangkat dan Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP, LKPD, lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, lembar pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis, lembar tes hasil belajar ranah pengetahuan, dan lembar angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keterlaksanaan pada pertemuan 1 dan 2 berturut-turut adalah sebesar 94,64% dan 95,54% dengan kategori sangat baik; (2) persentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih besar daripada persentase aktivitas peserta didik yang tidak relevan yaitu sebesar 98,89% pada pertemuan 1 dan 99,26% pada pertemuan kedua; (3) keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan dengan rata-rata N-gain score pada tiap komponen dalam kategori tinggi dan sedang; (4) peserta didik yang mencapai ketuntasan hasil belajar adalah 34 dari jumlah 36 peserta didik, dengan persentase ketuntasan adalah 94,45%; (5) persentase rata-rata respon peserta didik sebesar 95% dalam kategori sangat baik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir
Kritis, Laju Reaksi
The aim of this research is to describe the implementation of learning models, activities, critical thinking skills, learning outcomes of the realm of knowledge, and students' responses to the implementation of guided inquiry model in the reaction rate topic. The type of research used in critical thinking skills is pre-experimental research design with one group pretest posttest design, as well as on the learning outcomes of the realm of knowledge is One-Shot Case Study. The target of this research is students of class XI MIPA 4 of SMAN 1 Taman Sidoarjo. Tools and instruments used are syllabus, lesson plans, LKPD, observation sheet of the implementation of learning models, activity observation sheets, pretest and posttest critical thinking skills sheets, test sheets of knowledge learning outcomes, and response questionnaire sheets. The results showed that: (1) the percentage of feasibility at meetings 1 and 2 were 94.64% and 95.54% respectively with the very good category; (2) the percentage of relevant student activity is greater than the percentage of irrelevant student activity that is equal to 98.89% at the 1st meeting and 99.26% at the second meeting; (3) critical thinking skills can be trained through the application of guided inquiry learning models shown by the average N-gain score for each component in the high and medium categories; (4) students who achieve mastery of learning outcomes are 34 out of 36 students, with a percentage of mastery is 94.45%; (5) the average percentage of student responses of 95% in the excellent category.
Keyword: Guided Inquiry Learning, Critical Thinking, Reaction Rate