PENGARUH PENGENALAN AIR TERHADAP TINGKAT AQUAPHOBIA
(Studi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sidoarjo)
INFLUENCE OF WATER RECOGNITION ON AQUAPHOBIA LEVELS
(Study of class X students of SMA Negeri 2 Sidoarjo)
ABSTRAK
Nama : Galih Sheindow Pamungkas
NIM : 16060464010
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Fifukha Dwi Khory, S.Pd., M.Pd.
Renang adalah salah satu aktivitas olahraga yang menggunakan media air, baik air kolam renang, air laut, atau danau. Aktivitas berenang dapat dilakukan dengan cara yang sederhana terlebih dahulu, seperti pengenalan air untuk proses beradaptasi dengan air. Pengenalan air merupakan aktivitas di air yang dilakukan untuk beradaptasi dengan air. Pengenalan air dengan permainan memberikan dampak yang menyenangkan. Setiap alat bermain memiliki fungsi berbeda-beda untuk membantu peserta didik dalam menurunkan aquaphobia. Tujuan dari pengenalan air adalah agar peserta didik dapat beradaptasi dengan air, serta dapa menurunkan tingkat aquaphobia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengenalan air \terhadap tingkat aquaphobia di kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian Thestatic pretest-posttest design. Proses pengambilan data dengan menggunakan tes pada tingkat aquaphobia, menggunakan tes online di website:http://www.changethatsrightnow.com/aquaphobia/online-test/. Sampel penelitian menggunakan 22 siswa X IPA 1 dan 19 siswa X IPA 2.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikan 0,62 > 0,05 dan pada kelompok kontrol diperoleh nilai signifikan 0,20 > 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Tidak terdapat pengaruh karena kurangnya waktu dalam memberikan treatment pada penelitian. Perlu adanya waktu yang cukup dan jumlah treatment yang mendukung akan bisa menurunkan aquaphobia. Namun berdasarkan nilai mean terdapat penurunan tingkat aquaphobia, dapat dibuktikan yang menyatakan hasil penurunan 0,45 dari hasil pretest-posttest kelompok eksperimen.
Kata Kunci : Aquaphobia, Pengenalan air, Permainan
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF WATER INTRODUCTION TO AQUAPHOBIA LEVELS
Name : Galih Sheindow Pamungkas
Study progam : S-1 Physical Education, Health, and Recreation
department : Sport Education
Faculty : Faculty of Sport Sciences
Name of institution : State Universityof Surabaya
Supervisor : Fifukha Dwi Khory, S.Pd., M.Pd.
Swimming is one of the sports activities that use water media, whether pool water, sea water, or lake.. Swimming activity can be done in a simple way before hand, such as the introduction of water to the process of adapting to water.Water recognitionis an activity in water which is carried out to adapt to water. The introduction of water to the game has a pleasant effect. Each play tool has a different function to help students reduce aquaphobia. The purpose of introduction water is so that students can adapt to water, and can reduce the level of aquaphobia.
This study aims to determine the effect of water recognition on the level of aquaphobia in class Sciense 1 of Senior High School 2 Sidoarjo. this research is an experimental research with quantitative approach, static group pretest-posttest design research design. The process of retrieving data by testing level aquaphobia on the website: http://www.changethatsrightnow.com/aquaphobia/online-test/. The research sample used 22 class sciense 1 and 19 class sciense .
Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is no significant effect of the application of water recognition on the level of aquaphobia. In the experimental group a value of 0,62 > 0,05 and control group a value of 0,20 > 0,05 was obtained, so it can be stated that there was no significant effect of the application of waterrecognition on the level of aquaphobia. There was no effec due to lack of time in providing treatment in the study. There needs to be enough time and the number of treatments that support will be able to reduce aquaphobia. However, based on the mean there is a decrease in the level of aquaphobia, it can be proven stating the result of a decrease of 0,45 from the result of the pretest posttest in the experimental group.
Keyword: Aquaphobia. Water introduction,Game