Pengaruh Kompetensi Tutor terhadap Kinerja Tutor Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C di Surabaya
The Effect Of Tutor Competence On The Performance Of Tutors In Equivalency Education Package C In Surabaya
Tutor memiliki dampak yang besar terhadap siswa di sekolah. Tutor harus memiliki kualitas yang berbeda agar dapat melakukan pekerjaannya, termasuk dalam mengajar dan pengembangan profesional, menghadapi situasi yang berbeda, dan memiliki kompetensi. Penelitian ini menyelidiki pengaruh kompetensi tutor terhadap kinerja tutor kesetaraan paket C di Surabaya. Variabel kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kinerja tutor akan diteliti.
Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Penelitian ini melibatkan 60 tutor kesetaraan paket C di Surabaya. Penelitian ini menguji akurasi dan konsistensi instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Peneliti memenuhi persyaratan Blue dengan menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas untuk analisis. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji korelasi antara empat variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan berbagai koefisien korelasi, pengujian hipotesis secara simultan (Uji F) dan parsial (Uji T). Kekuatan hubungan juga dinilai dengan menggunakan koefisien determinasi.
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan regresi: Y = 12,097 + 0,975X1 + 1,230X2 + (-0,505)X3 + (-0,471)X4. Persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa kompetensi tutor berpengaruh terhadap kinerja instruktur pendidikan kesetaraan paket C Kota Surabaya Nilai koefisien determinasi yang positif sebesar 0,721 (72,1%) menunjukkan pengaruh tersebut. Sisanya sebesar 27,9% disebabkan oleh variabel yang tidak dianalisis.. Kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik merupakan dua variabel yang paling berpengaruh, masing-masing sebesar 41,62% dan 40,4%. Pengujian hipotesis melalui Uji F dan Uji T menunjukkan adanya hubungan secara simultan dan parsial antara kompetensi tutor (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional) dengan kinerja tutor pendidikan kesetaraan paket C Kota Surabaya.
Kata-kata Kunci : Kompetensi Tutor, Kinerja Tutor, Pendidikan Kesetaraan, Paket C
Tutors have a great impact on students in schools. Tutors must have different qualities to do their job, including teaching and professional development, dealing with various situations, and having competence. This study investigates the influence of tutor competencies on the performance of package C equivalency tutors in Surabaya. The variables of pedagogy, personality, social and professional competence, and tutor performance will be investigated.
The researcher used quantitative methods and collected data using questionnaires and documentation. The questionnaire uses a Likert scale of 1–5. This study involved 60 tutors from equivalence package C in Surabaya. This study tested the accuracy and consistency of the instrument using validity and reliability tests. The researcher fulfilled Blue's requirements by using normality, multicollinearity, and heteroscedasticity tests for analysis. Multiple regression analysis was used to test the correlation between the four independent variables and the dependent variable. This study uses various correlation coefficients, simultaneous (F test), and partial (T test) hypothesis testing. The strength of the relationship was also assessed using the coefficient of determination.
Multiple linear regression analysis yielded the regression equation: Y = 12.097 + 0.975X1 + 1.230X2 + (-0.505)X3 + (-0.471)X4. The regression equation reveals that tutor competency influences Surabaya City package C equivalency education instructors' performance. A positive coefficient of determination of 0.721 (72.1%) shows the effect. The remaining 27.9% is due to unanalyzed variables. Personality competence and pedagogic competence are the two most influential characteristics, accounting for 41.62% and 40.4% respectively.Hypothesis testing shows a simultaneous and partial relationship between tutor competence (pedagogic, personality, social, and professional) and package C equivalency education providers in Surabaya City tutor performance.
Keywords: Tutor Competence, Tutor Performance, Equality Education, Package C