HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN KEBAHAGIAAN PADA REMAJA MADYA
RELATIONSHIP BETWEEN EMOTION REGULATION AND HAPPINESS OF MIDDLE ADOLESENSE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan kebahagiaan pada remaja madya. Penelitian ini dilakukan menggunkan metode pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa – siswi salah satu SMA di Kabupaten Lumajang yang berjumlah 214 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kebahagiaan dan skala regulasi emosi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment. Hasil analisi data menunjukkan hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,624 (r = 0,624) dengan taraf signifikan 0,000 (p > 0,05) yang menunjukkkan hubungan antar variable termasuk dalam kategori kuat dan bersifat positif. Artinya semakin tinggi tingkat regulasi emosi maka semakin tinggi pula tingkat kebahagiaan yang dimiliki individu. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yakni ada hubungan antara regulasi emosi dengan kebahagiaan pada remaja madya dimana regulasi emosi berkorelasi sebesar 38,9% terhadap kebahagiaan, sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kebahagiaan, Regulasi emosi, Remaja madya
This study aims to determine the relationship between emotional regulation and happiness in middle adolescents. This research was conducted using a correlational quantitative approach. The subjects in this study were students from a high school in Lumajang Regency, totaling 214 students. The instruments used in this research are the happiness scale and the emotion regulation scale. The data analysis used is pearson product moment correlation analysis. The results of the data analysis show that the correlation coefficient (r) is 0.624 (r = 0.624) with a significant level of 0.000 (p > 0.05) which indicates the relationship between variables is included in the strong and positive category. This means that the higher the level of emotional regulation, the higher the level of happiness the individual has. The results obtained indicate that the hypothesis proposed by the researcher is accepted, namely that there is a relationship between emotional regulation and happiness in middle adolescents where emotional regulation correlates 38.9% to happiness, the rest is influenced by other factors not examined in this study.
Keywords: Happiness, Emotional regulation, Middle adolescents