PENGEMBANGAN BUKU AJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS X OTKP 1 DI SMK NEGERI 2 KEDIRI
Nama : Fitria Ambarwati
NIM : 15080314030
Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, mengukur kelayakan buku ajar, dan respon peserta didik terhadap buku ajar Mata Pelajaran Kearsipan berbasis kurikulum 2013 kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 2 Kediri yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 2 Kediri dan objek penelitian ini adalah Pengembangan Buku Ajar pada Mata Pelajaran Kearsipan Berbasis Kurikulum 2013. Instrument lembar validasi materi, bahasa, grafik, dan respon peserta didik diadaptasi dari BNSP tahun 2014 dengan skala penilaian menggunakan skala likert, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi, bahasa, grafik, dan respon peserta didik.
Hasil penelitian terhadap kelayakan buku ajar menunjukan validasi dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,00% dengan interpretasi sangat kuat, validasi dari ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 88,57% dengan interpretasi sangat kuat, validasi dari ahli grafik memperoleh persentase sebesar 90,00% dengan interpretasi sangat kuat. Total keseluruhan hasil dari para ahli adalah 90,19% dengan interpretasi sangat kuat. Berdasarkan hasil uji coba terbatas buku ajar terhadap peserta didik diperoleh persentase sebesar 90,4% dengan interpretasi sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar Mata Pelajaran Kearsipan yang telah dikembangkan layak digunakan di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Kediri.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Kearsipan
DEVELOPMENT OF A TEXTBOOK ON ARCHIVAL SUBJECTS BASED CURRICULUM 2013 CLASS X OTKP 1 IN SMK NEGERI 2 KEDIRI
Name : Fitria Ambarwati
Study Program : S1 Education of Office Administration
Major : Economic Education
Faculty : Ekonomy
Name of Institution : State University of Surabaya
Adviser : Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd
This research aims to analyze process the development of textbook, measure the feasibility of textbook, and students response agaist textbook Subjects Archival grade based on the curriculum 2013 X OTKP 1 in SMK Negeri 2 Kediri that have been developed. This research development, using 4-D development model. They are define. Design, develop, and disseminate. Subject of the research are 20 students class X OTKP 1 in SMK Negeri 2 Kediri. Textbook validated by material, linguists, graphic, and expert response students do with limited trials. Instrument validation sheet material, language, graphics, and students response adapted from BNSP year 2014 with the scale likert scale using assessment, and the data analysis techniques used are the analysis of material expert, language, and graphic, validation. The development of the curriculum 2013 based archival subject teaching book was developed using 4-D.
The results of the feasibility of teaching books show the validation of material experts obtain a percentage of 92.00% with very strong interpretations, the validation of linguists obtain a percentage of 88.57% with very strong interpretations, validation from graphic experts obtain a percentage of 90.00% with very strong interpretations. The total overall results of the experts are 90.19% with very strong interpretations. Based on the results of a limited trial of textbooks for students obtained a percentage of 90.4% with a very strong interpretation. So it can be inferred that the textbook Archival Subjects which have developed decent used in class X OTKP 1 SMK Negeri 2 Kediri.
Keywords: Development, Textbook, Archives