ABSTRAK
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Nama : Dian Lestari
NIM : 15080554036
Program Studi : S1-Pendidikan Ekonomi
Jurusan : Pendidikan ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran ekonomi khususnya pada Kompetensi Dasar 3.4 indeks harga dan inflasi. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan dari Borg & Gall yang dibatasi pada lima tahap pengembangan yaitu, pengumpulan data, desain produk, uji coba produk, analisis produk dan revisi produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada 33 peserta didik kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Cerme. Instrumen penilaian ini menghasilkan 15 soal pilihan ganda dan telah diujikan sebanyak dua kali. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pada uji coba pertama dan kedua nilai validitas keseluruhan soal lebih besar dari r tabel yaitu 0,344 dan nilai reliabilitas sebesar 0,786 dan 0,763. Hal tersebut menunjukkan bahwa instrumen penilaian tersebut valid dan reliabel. Sementara untuk uji kuantitas butir soal terdiri dari uji tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal dan efektivitas pengecoh soal yang memenuhi kriteria kualitas soal berbasis HOTS. Berdasarkan hasil uji coba diketahui bahwa terdapat 7 peserta didik yang termasuk dalam kategori “kurang”. Secara keseluruhan rata-rata peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berada pada kategori cukup. Sehingga upaya mendukung proses pembelajaran terus diperlukan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik.
Kata kunci: Instrumen Penilaian, HOTS, Ekonomi, Borg & Gall
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF ASSESSMENT INSTRUMENTS OF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ON ECONOMIC SUBJECT
Name : Dian Lestari
Study Program : Bachelor’s Degree Economic Education
Department : Economics Education
Faculty : Economics
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
This research aims to develop HOTS based assessment instruments on economic subjects especially in Basic Competencies 3.4 price and inflation index. This study adopts the development model of Borg & Gall which is limited to five stages of development, namely, data collection, product design, product testing, product analysis and final product revision. This research was conducted on 33 students of class XI IPS-1 SMA Negeri 1 Cerme. This assessment instrument produces 15 multiple choice questions and has been tested twice. This study shows the results that in the first and second trials the overall validity value of the problem is greater than r table which is 0.344 and the reliability value is 0.786 and 0.763. This shows that the assessment instrument is valid and reliable. While the test for the quantity of items consists of the level of difficulty of the question, the differentiating problem and the effectiveness of the questions that meet the quality criteria of HOTS-based questions. Based on the results of the trial it was found that there were 7 students who were included in the "less" category. Overall, the average student has a high level of thinking ability that requires sufficient categories. So that efforts to support the learning process continue to be needed which is useful for improving high-level thinking skills in students.
Keywords: Assessment Instruments, HOTS, Economy, Borg & Gall