VIDEO TUTORIAL SANGGUL GELUNG MALANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK
VIDEO TUTORIAL OF SANGGUL GELUNG MALANG AS ONLINE LEARNING MEDIA IN SMK
Di era Covid-19 mengakibatkan proses belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara online dan telah diatur dalam surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19), pembelajaran di sekolah saat pandemi dilakukan dengan cara daring dan luring dengan membatasi siswa dalam kelas sebanyak 50%. Maka media pembelajaran yang sesuai di era covid-19 yang sebagian besar dilakukan secara online adalah menggunakan video, karena video dapat memudahkan siswa dalam memahami materi melalui gambar, suara, dan langkah kerja yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri dalam memahami materi dan praktek sanggul gelung malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas video tutorial sanggul gelung malang sebagai media pembelajaran online di SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi menggunakan lembar validasi melalui google form yang dinilai oleh 8 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, menggunakan perhitungan rata-rata presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek materi memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 98,5% yang berarti bahwa video sangat baik digunakan, sedangkan aspek madia memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 85% yang berarti bahwa video sangat baik digunakan. Presentase aspek materi dan aspek media video tutorial sanggul gelung malang memperoleh rata-rat presentase 90,9% yang berarti sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran secara online pada jurusan tata kecantikan rambut.
Kata kunci: video tutorial, gelung malang, online.
In the Covid-19 era, the teaching and learning process in schools was carried out online and has been regulated in circular letter number 4 of 2020 concerning the implementation of education policies in the emergency period of the spread of the corona virus disease (covid-19), learning in schools during the pandemic is carried out online. and offline by limiting students in the class by 50%. So the appropriate learning media in the covid-19 era, which is mostly done online is using video, because videos can make it easier for students to understand material through pictures, sounds, and work steps that can help students learn independently in understanding the material and practice of sanggul gelung malang. The purpose of this study was to determine the quality of the sanggul gelung malang tutorial video as an online learning medium in SMK. The research method used in this research is pre-experimental research with a one shot case study design. The data collection technique used is an observation technique using a validation sheet via google form which is assessed by 8 respondents. Analysis of the data used is descriptive analysis technique, using the calculation of the average percentage. The results showed that the material aspect obtained an average percentage value of 98.5% which means that the video is very well used, while the media aspect has an average percentage value of 85% which means that the video is very well used. The percentage of material aspects and media aspects of the sanggul gelung malangsa tutorial video obtained an average percentage of 90.9% which means it is very good to be used as an online learning medium in the hairdressing department.
Keywords: video tutorials, gelung malang, online.