Korelasi Antara Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Dengan Kinerja Asesor di BAN-S/M Provinsi Jawa Timur Tahun 2018
Oleh: Achmat Tayib
157985011
Pendidikan Luar Sekolah
Pascasarjana Unesa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Antara Penyelenggaraan Program Pendidikan dan Pelatihan (diklat) dengan Kinerja Asesor di Badan Akreditasi Pendidikan Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sampel penelitian ini adalah Asesor yang telah mengikuti Pendidikan dna Pelatihan (diklat) di Tahun 2018 yang tergabung di gelombang pertama yang bertempat di Hotel Elmi dan Surabaya Suites yang berjumlah 246 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Adapun teknik teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasayarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas serta uji hipotesis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan dan pelatihan mempunyai pengaruh Terdapat hubungan positif dan signifkan antara pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan kinerja asesor di BAN-S/M Jawa Timur dengan koefisien korelasi (ryx) sebesar 0,425 pada taraf signikansi 0,05 yang dapat diartikan bahwa hubungan kategori sedang pada rentang 0,40 – 0,599 dan koefisien determinasi sebesar 0,69 = 16,9% yang dapat diartikan bahwa pengaruh diklat bernilai 16,9 % dan sisanya dipengaruhi dari faktor lain.
Kata Kunci : Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja Asesor
Correlation Between Education and Training with Assessor Performance in BAN-S / M East Java Province in 2018
By: Achmat Tayib
Non-formal education
Unesa Postgraduate Program
This study aims to determine the Correlation between the Implementation of Education and Training Programs (Training) and Assessor Performance at the East Java Province School / Madrasah Accreditation Board in 2018.
This research is a descriptive quantitative type of research. The sample of this study is the Assessors who have attended the Education and Training (training) in 2018 which joined in the first wave which took place at the Elmi Hotel and Surabaya Suites which numbered 246 people. Data collection is done by using library documentation and studies. The data analysis techniques used are the prerequisite test analysis with normality test and linearity test and the hypothesis test used is product moment correlation analysis.
The results showed that education and training had an influence There was a positive and significant relationship between education and training (training) with the performance of assessors in BAN-S / M East Java with a correlation coefficient (ryx) of 0.425 at a significance level of 0.05 which could mean that the relationship of the medium category in the range 0.40 - 0.599 and the coefficient of determination of 0.69 = 16.9% which can be interpreted that the effect of training is worth 16.9% and the rest is influenced by other factors.
Keywords: Education and Training, Performance Assessors