Analisis Proses Pembelajaran Daring Interaktif Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini
Analysis Of Interactive Online Learning Process In Growing Learning Motivation In Early Children
Berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan oleh mendikbud terkait kondisi pandemi virus Covid-19 kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring di TK pada umumnya dilakukan menggunakan platform online seperti Google Meet, Zoom Meetings, dan Whatsapp Group. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring yang interaktif terhadap motivasi belajar anak usia dini khususnya pada usia 4-5 di TK Karunia Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah TK Karunia Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terkait proses pembelajaran daring di TK Karunia Surabaya dapat dikatakan interaktif karena proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan Zoom Meetings sehingga interaksi antara guru dan anak usia dini di TK Karunia Surabaya berjalan secara aktif meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia 4-5 tahun ketika pembelajaran daring kepala sekolah dan guru TK Karunia Surabaya memberikan dan mempersiapkan materi pembelajaran yang menarik, interaktif dan menerapkan sikap selalu tersenyum dan senang sehingga anak ikut merasa senang. Hal tersebut dapat menstimulasi rasa bersemangat dan menumbuhkan motivasi belajar pada anak usia dini ketika melakukan proses pembelajaran daring. Temuan baru dalam penelitian ini ditinjau ketika terdapat guru yang kurang terampil dalam menggunakan kemampuan teknologi bukan menjadi suatu hambatan untuk tetap memberikan proses pembelajaran daring yang interaktif karena di TK Karunia Surabaya terdapat operator yang membantu dalam mengoperasikan Zoom Meetings ketika proses pembelajaran daring.
Based on the policies set by the Minister of Education and Culture regarding the Covid-19 virus pandemic, learning activities in educational institutions are carried out online. Online learning in kindergarten is generally done using online platforms such as Google Meet, Zoom Meetings, and Whatsapp Groups. This study aims to analyze the interactive online learning process on early childhood learning motivation, especially at the age of 4-5 in TK Karunia Surabaya. The method in this study uses descriptive qualitative. The subjects used in this study were teachers and principals of TK Karunia Surabaya. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Based on the results of research related to the online learning process at TK Karunia Surabaya, it can be said to be interactive because the online learning process is carried out using Zoom Meetings so that the interaction between teachers and early childhood at TK Karunia Surabaya is active even though they are not face to face. In fostering the learning motivation of children aged 4-5 years when online learning, the principal and teachers of TK Karunia Surabaya provide and prepare interesting, interactive learning materials and apply an attitude of always smiling and happy so that children feel happy too. This can stimulate enthusiasm and foster learning motivation in early childhood when carrying out the online learning process. The new findings in this study are reviewed when there are teachers who are less skilled in using technology skills, it is not an obstacle to continue to provide an interactive online learning process because at TK Karunia Surabaya there are operators who assist in operating Zoom Meetings during the online learning process.