ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN
MEDIA TRAINER ANTI-LOCK BREAKING
SYTEM (ABS) TERHADAP HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN
PERAWATAN CHASIS SEPEDA MOTOR .
Nama
|
:
|
Ilham Yastianto
|
Nim
|
:
|
20050524021
|
Program Studi
|
:
|
S1-Pendidikan Teknik Mesin
|
Jurusan
|
:
|
Teknik Mesin
|
Fakultas
|
:
|
Teknik
|
Nama Lembaga
|
:
|
Universitas Negeri Surabaya
|
Pembimbing
|
:
|
Heru Arizal.,S. Pd., M.M., M. Pd.
|
Pada Penelitian ini peneliti bertujuan menguji pengaruh media pembelajaran
"trainer Anti-lock Braking System (ABS)" terhadap hasil belajar
pesrta didik di SMK Kartanegara
Kediri. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one grup
Pre-test dan Post-test pada kelompok eksperimen. Hasil belajar diukur
menggunakan tes pilihan ganda 25 soal dan dianalisis dengan SPSS 27.
Pada Penelitian
kali ini data dianalisis menggunakan SPSS 27 melalui uji prasyarat normalitas,
paired sample t-test, dan uji N-Gain. Uji normalitas menunjukkan data pre-test
dan post-test terdistribusi normal dengan signifikansi Shapiro-Wilk
masing-masing 0.296 dan 0.768 (>0.05). Paired sample t-test menunjukkan
perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan trainer
ABS dengan nilai signifikansi 0.00 (<0.05) juga mendapatkan nilai r sebesar
0,321 dan t sebesar 2,089,Dimana kemputusan diterima karena thit>ttable
yaitu sebesar 2,037 menunjukkan media ini dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan nilai rata-rata 0.610 (kategori
"Sedang") dan persentase efektivitas 61% (kategori "Cukup
efektif"). Kesimpulannya, penggunaan trainer ABS sebagai media ajar berpengaruh
dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata
kunci : Media pembelajaran, trainer
, Hasil belajar,Anti-lock Breaking Sytem (ABS) Quasi Eksperiment ,SPSS,uji normalitas,
Pre-test -Post-test design.uji N-Gain