Jannah, Arista Nur. 2019. Profil Argumentasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif, Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si., dan (II) Dr. Raden Sulaiman, M.Si.
Kata-kata Kunci: Argumentasi, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif
Argumentasi merupakan aspek penting yang harus diajarkan kepada siswa untuk dapat meningkatkan pemahaman konseptual tentang materi pelajaran di anak usia sekolah dan mahasiswa. Argumentasi adalah proses berfikir dimana seseorang atau lebih terlibat dalam perdebatan tentang dukungan terhadap claim. Claim merupakan solusi yang membutuhkan dukungan argumentatif baik secara implisit atau eksplisit dalam menyelesaikan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan argumentasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Gaya kognitif dalam penelitian ini adalah gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Instrumen pendukung pada penelitian ini adalah tes kemampuan matematika (TKM), Group Embedded Figure Test (GEFT), tes Argumentasi I & II (TA I & II), dan pedoman wawancara. Penelitian dilakukan di SMPN 57 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 dikelas VIII-D. Seluruh Siswa kelas VIII-D mengerjakan tes kemampuan matematika dan tes GEFT. Berdasarkan skor tes kemampuan matematika, skor tes GEFT, dan rekomendasi guru kelas diperoleh 2 siswa yang memiliki kemampuan yang setara dengan satu siswa memiliki gaya kognitif field dependent dan satu siswa gaya kognitif field independent. Data penelitian diperoleh dari tes argumentasi matematika dan wawancara berbasis tes argumentasi. Jawaban hasil tes argumentasi dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan argumentasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa dapat membuat komponen-komponen argumentasi. Pada komponen pertama argumentasi siswa mampu membuat claim pertama tetapi tidak menuliskannya pada lembar jawaban. Pada claim kedua siswa juga mampu membuat pernyataan yang terkait jawaban. Hanya satu soal yang tidak bisa untuk dibuat pernyataan terkait jawaban. Berbeda dengan subjek FI yang menuliskannya pada lembar jawaban, tetapi subjek FD tidak menuliskannya pada lembar jawaban. Pada komponen argumentasi data, subjek FI membuat data dengan cara setelah menganalisis soal, sedangkan subjek FD mengaitkannya pada rumus-rumus matematika. Meskipun subjek FI tidak membuat alasan dengan mengaitkan pada rumus matematika, subjek FI mampu menjelaskannya pada saat wawancara, sehingga keduanya mampu membuat aspek argumentasi backing. Dari konsep matematika yang dipilih, siswa mampu menghubungkan konsep matematika dengan informasi dalam soal, sehingga siswa mampu membuat warrant untuk dapat mengerjakan soal tersebut. Terkadang siswa tidak membuat rebbutal atau pernyataan pengecualian atas claim karena siswa merasa tidak perlu untuk membuatnya. Pada tahap mengevaluasi hasil, kedua siswa mampu membuat aspek argumentasi qualifier untuk membuat derajat keyakinan atas jawaban mereka. Sebagian soal siswa tidak mengecek kembali dikarenakan merasa sudah benar dengan jawaban yang dia peroleh. Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan argumentasi siswa dalam memecahkan masalah matematika agar kemampuan pemecahan masalah siswa bisa berkembang. Selain itu perlu penelitian lebih lanjut dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi misalnya siswa SMA atau mahasiswa, agar dapat mengetahui bagaimana argumentasi mereka.
Jannah, Arista Nur. 2019. Profile of Argumentation Students in Solving Mathematical Problems based on Difference of Cognitive Style, Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Prof. Dr. Dwi Juniati, M.Si., dan (II) Dr. Raden Sulaiman, M.Si.
Key Words: Argumentation, Problem Solving, Cognitive Style
Argumentation is an important aspect that must be taught to students to be able to improve conceptual understanding of subject matter in school-age children and students. Argumentation is the process of thinking where someone or more involved in the debate about support for claims. Claim is a solution that requires argumentative support either implicitly or explicitly in solving problems
This study aims to describe the arguments of junior high school students in solving mathematical problems based on cognitive style. Cognitive styles in this study are field dependent and field independent. This study is a qualitative research. The main instrument in this study is the researcher himself. The supporting instruments in this study are the mathematics ability test (TKM), the Group Embedded Figure Test (GEFT), the Argumentation I & II test (TA I & TA II), and interview based on task. The study was conducted at SMPN 57 Surabaya in the academic year 2018/2019 in class VIII-D. All grade VIII-D students take mathematics tests and GEFT tests. Based on the mathematics ability test scores, GEFT test scores, and class teacher recommendations obtained 2 students who have the ability equivalent to one student has a field dependent cognitive style and one student independent field cognitive style. The research data were obtained from mathematical argumentation tests and interviews based on argumentation tests. The answers to the results of the arguments test and interviews were analyzed to describe the students' arguments.
The results showed that both students can make the components of the argument. In the first component of the argument students are able to make the first claim but not write it on the answer sheet. In the second claim students are also able to make statements related to answers. Only one question cannot be made for statements related to answers. Diferent from FI subject who wrote it on the answer sheet, but the FD subject did not write it on the answer sheet. In the component data, the FI subject creates the data after analyzing the problem, while the FD subject relates it to mathematical formulas. Although the FI subject did not make excuses by linking to the mathematical formula, the FI subject was able to explain it at the time of the interview, so both of them were able to make aspects backing. From the chosen mathematical concept, students are able to connect mathematical concepts with information in the problem, so students are able to make warrant to be able to work on the problem. Sometimes students don't make rebbutals or exceptions to claims because students don't feel the need to make them. In the stage of evaluating results, both students are able to make aspects of the qualifier's argumentation to create a degree of confidence in their answers. Some of the students' questions did not check again because they felt they were correct with the answers they got. Based on the results of study, teachers are advised to train and develop students 'argumentation skills in solving mathematical problems so that students' problem solving abilities can develop. Besides that, further research with higher education needs such as high school students or college students, so that they can find out how their arguments.