MUSIK KIAIKANJENG PADA FORUM MAIYAH DALAM KONTEKS PENDIDIKAN MELALUI SENI
ABSTRAK
Luthfi Ardiansyah, 2018. Musik KiaiKanjeng pada Forum Maiyah dalam Konteks Pendidikan Melalui Seni. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum dan pembimbing (2) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
Kata Kunci : KiaiKanjeng, Maiyah, Cak Nun
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji musik KiaiKanjeng pada forum Maiyah dalam konteks pendidikan memalui seni dengan pendekatan fenomenologi. Fokus analisis penelitian ini adalah konsep pendidikan melalui seni musik, konsep musik dan proses pembelajaran Kiaikanjeng. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan konsep pendidikan melalui seni musik KiaiKanjeng pada forum Maiyah dalam konteks pendidikan melalui seni, (2) Mendeskripsikan konsep musik grub KiaiKanjeng pada forum Maiyah dalam konteks pendidikan melalui seni, dan (3) Mendeskripsikan proses pembelajaran grub KiaiKanjeng pada forum Maiyah dalam konteks pendidikan melalui seni.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi data. Metode tersebut digunakan untuk mengamati subjek penelitian yaitu personil KiaiKanjeng. Sedangkan data pendukung didapat dari dokumentasi pertunjukan berupa video, artikel, audio, partitur lagu dan foto. Data yang terkumpul dianalisis dengan konsep pendidikan melalui seni dan dikaitkan dengan teori musikologi.
Berkaitan dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep pendidikan melalui seni musik oleh KiaiKanjeng adalah konsep pendidikan yang menggunakan materi pendidikan berupa pesan kebaikan dan nilai pendidikan karakter, seperti nilai moral, agama dan kebudayaan. Nilai-nilai tersebut disampaikan melalui syair lagu oleh KiaiKanjeng dan dikaji melalui dialog dengan Cak Nun atau narasumber lain. Aktivitas pendidikan pada konsep pendidikan melalui seni musik oleh KiaiKanjeng meliputi aktivitas apresiasi, observasi dan ekspresi yang berfungsi untuk melatih masyarakat agar mampu menghargai, memahami dan percaya diri dalam mengutarakan pemikiran dan perasaan. (2) Konsep musik KiaiKanjeng adalah konsep musik yang dapat memainkan berbagai macam genre lagu seperti pop, dangdut, rock, tradisional nusantara, dan lain sebagainya. Permainan melodi, ritme dan eksprsi mengikuti genre musik yang akan dipilih. Sistem gamelan KiaiKanjeng menggunakan standar notasi diatonis namun memiliki struktur tangga nada yang berbeda dan lebih yaitu Sel,La,Si,Do,Re,Mi,Fa,Sol. Musik KiaiKanjeng mengedepankan nuansa gamelan Kiaikanjeng pada setiap aransemen musiknya. Proses penggarapan musik KiaiKanjeng ditentukan oleh Cak Nun. Perhitungan Cak Nun yang pertama adalah perhitungan musikal, kedua perhitungan koordinat musik Kiaikanjeng ditengah dunia musik, dak ketiga adalah perhitunagan kehadiran musik KiaiKanjeng di tengah peta pemikiran dan hatinya masyarakat yang bermacam-macam. Semua itu membuat musik KiaiKanjeng harus diaransir sedemikian rupa. (3) Proses pembelajaran dengan musik Kiaikanjeng terdiri dari penampilan musik, dialog, dan kolaborasi seni. Proses pembelajaran dengan KiaiKanjeng memadukan sesi pementasan musik KiaiKanjeng dan pembahasan materi degan Cak Nun atau narasumber lain. Alur tersebut disusun secara fleksibel. Proses belajar dengan KiaiKanjeng berusaha menggali makna. Proses penggalian makna tersebut dipengaruhi dari pengalman belajar berbeda-beda di setiap acara maiyah, baik lokasi maupun sudut pandang keilmuan yang disampaikan oleh Cak Nun dan narasumber lainya.
ABSTRACT
Luthfi Ardiansyah, 2018. Music of KiaiKanjeng in Maiyah Forum in the Context of Education through the Arts. Thesis. Cultural Arts Education Study Program, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Supervisors : (1) Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum and (2) Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
Keywords: Education Concept, music, KiaiKanjeng
This study aims to examine KiaiKanjeng’s music in Maiyah forum in the context of education through art with a phenomenological approach. The focus of this research analysis is the concept of education through the art of music, the concept of music and Kiaikanjeng’s learning process. The objectives of this study are (1) to describe the concept of education through the art of KiaiKanjeng’s music in Maiyah forum in the context of education through art, (2) to describe the concept of KiaiKanjeng's music group in Maiyah forum in the context of education through art, and (3) to describe the learning process of KiaiKanjeng’s group in Maiyah forum in the context of education through art.
This type of research is qualitative research with data collection methods in the form of interviews, observation, and data study. This method is used to observe the research subject, namely KiaiKanjeng’s personnel. While supporting data is obtained from performance documentation in the form of videos, articles, audio, music scores and photos. The collected data were analyzed with the concept of education through art and associated with musicological theory.
In connection with the formulation of the problem that has been determined, the results of this study indicate that (1) The concept of education through the art of music by KiaiKanjeng is an educational concept that uses music to bring educational material in the form of messages of goodness and character education values, such as moral, religious and cultural values. Those values are conveyed through song lyrics by KiaiKanjeng and studied through dialogue with Cak Nun or other sources. Educational activities on the concept of education through the art of music by KiaiKanjeng include appreciation, observation and expression activities that function to train people to be able to appreciate, understand and be confident in expressing thoughts and feelings. (2) The concept of KiaiKanjeng’s music is music that contains character education values and can be accepted by various kinds of society. The process of making KiaiKanjeng’s music is determined by Cak Nun. The first Cak Nun’s calculation is musical calculation, the second is calculating the coordinates of the Kiaikanjeng’s music in the middle of the music world, the third is the calculation of the presence of KiaiKanjeng music in the middle of the mind map and the hearts of the various people. All this makes KiaiKanjeng's music have to be organized in such a way.
(3) The learning process with Kiaikanjeng’s music consists of musical performances, dialogue, and art collaboration. The learning process with KiaiKanjeng combines KiaiKanjeng’s music performance sessions and discussion of material with Cak Nun or other sources. The grooves are arranged flexibly. The learning process with KiaiKanjeng tries to explore meaning. The process of extracting meaning is influenced by different learning experiences in each Maiyah events, both the location and the scientific point of view conveyed by Cak Nun and other sources..