Pengaruh Aktivasi Merek Melalui Instagram @Msglowbeauty Terhadap Keterlibatan Reseller Pada Produk Ms.Glow
The Influence of Brand Activation Through Instagram @Msglowbeauty on Reseller Engagement in Ms.Glow Products
Kehadiran media sosial mendatangkan manfaat bagi pelaku bisnis produk kecantikan dalam melaksanakan strategi aktivasi merek. Aktivasi merek dilakukan melalui penggunaan konten yang dapat meningkatkan hubungan antara merek dengan pelanggan, sehingga suatu perusahaan mampu membangun kemitraan dengan mengajak pelanggan loyalnya menjadi reseller. Hal serupa juga dilakukan oleh pemilik brand MS.Glow melalui akun instagramnya yaitu @msglowbeauty, di mana strategi aktivasi mereknya secara tidak sengaja menumbuhkan keterlibatan reseller terhadap produk MS.Glow. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan antara aktivasi merek melalui instagram @msglowbeauty terhadap keterlibatan reseller pada produk MS.Glow. Berdasarkan konsep dari keterlibatan pelanggan, keterlibatan reseller dimaknai sebagai suatu proses yang melibatkan aktivitas kognitif, emosional dan perilaku yang ditunjukkan oleh seorang reseller melalui interaksi dengan merek seperti pembelian, penggunaan atau penjualan kembali produk. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling menggunakan jenis purposive sampling dengan jumlah 100 responden yang diidentifikasi sebagai reseller MS.Glow di Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Spearman Rank Correlation diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,740 dan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa aktivasi merek melalui instagram @msglowbeauty berpengaruh secara signifikan terhadap keterlibatan reseller pada produk MS.Glow.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Aktivasi Merek, Keterlibatan Pelanggan, Reseller.
The presence of social media brings benefits for beauty product businesses in implementing brand activation strategies. Brand activation is implemented through the use of content that can improve the relationship between brands and customers, so that companies are able to build partnerships by inviting loyal customers to become resellers. The owner of the MS.Glow brand also did the same thing through their Instagram account, namely @msglowbeauty, where the brand activation strategy that has been implemented accidentally creates reseller engagement on MS.Glow products. This study aims to examine the significant influence of brand activation through instagram @msglowbeauty on reseller engagement in MS.Glow products. Based on the concept of customer engagement, reseller engagement is defined as a process that involves cognitive, emotional and behavioral activities shown by a reseller through interactions with brands such as purchasing, using or reselling products. This research is included in the type of quantitative research with a survey method. The sampling technique used purposive sampling with a total of 100 respondents, who were identified as MS.Glow resellers in East Java. Based on the results of data analysis used Spearman Rank Correlation, the correlation coefficient value was 0.740 and a significance number was 0.000 <0.05. Therefore, it can be stated that brand activation through Instagram @msglowbeauty had a significant influence on reseller engagement in MS.Glow products.
Keywords: Marketing Communication, Brand Activation, Customer Engagement, Reseller.