The Effect of Using The Kids To Do List Application in Improving Activity Transition Skills in Children With Autism Spectrum Disorder at SD Labschool Unesa 2
Anak dengan spektrum autisme memiliki keunikan karakteristik tersendiri, mereka mengalami hambatan pada komunikasi sosial dan perilaku berulang. Hambatan pada perilaku berulang tersebut kemudian menyebabkan anak dengan spektrum autisme mengalami kesulitan dalam beralih aktivitas. Oleh karena itu, diperlukan dukungan untuk mengatasi permasalahan kesulitan tersebut. Penelitian ini dilakukan guna mengeksplorasi aplikasi Kids To Do List yang dapat digunakan untuk membantu anak dengan spektrum autisme meningkatkan kemandiriannya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan aplikasi Kids To Do List dalam meningkatkan keterampilan beralih aktivitas pada anak dengan spektrum autisme. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research berdesain A B. Subjek penelitian ialah seorang anak dengan spektrum autisme berusia 12 tahun. Data dikumpulkan melaluiobservasi atau pengamatan langsung terhadap latensi beralih aktivitas dan frekuensi pemberian prompting. Teknik analisa visual dalam dan antar kondisi digunakan sebagai teknik analisa data dalam penelitian ini. Adapun hasil analisa visual dalam dan antar kondisi menunjukkan kecenderungan arah yang baik, level perubahan positif, serta presentase data overlap rendah yang menunjukkan keterampilan membaik. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan aplikasi Kids To Do List memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan beralih aktivitas pada anak dengan spektrum autisme di SD Labschool Unesa 2.
Children with autism spectrum have their own unique characteristics, they experience barriers to social communication and repetitive behavior. These obstacles to repetitive behavior then cause children with autism spectrum to experience difficulty in switching activities. Therefore, support is needed to overcome these difficulties. This research was conducted to explore the Kids To Do List application which can be used to help children with autism spectrum increase their independence in carrying out daily activities. The aim of this research is to explore the effect of using the Kids To Do List application in improving activity switching skills in children with autism spectrum. This research includes a quantitative approach with the Single Subject Research method with an A B design. The research subject was a 12 year old child with autism spectrum. Data was collected through observation or direct observation of activity switching latency and frequency of prompting. Visual analysis techniques within and between conditions were used as data analysis techniques in this research. The results of visual analysis within and between conditions show a good directional trend, a positive level of change, and a low percentage of data overlap which indicates improving skills. So it can be concluded that the use of the Kids To Do List application has an influence in improving activity switching skills in children with autism spectrum at SD Labschool Unesa 2.