Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga viskositas sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D dengan tahapan meliputi Define (pendefinisan), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan menggunakan uji validitas teoritis dan validitas empiris. Uji validitas teoritis diperoleh dari hasil penilaian ahli dan uji validitas empiris diperoleh dari hasil ujicoba kepada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Ngimbang dengan menggunakan “One Group Pre-test Post-test Design” dengan tiga kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa kelayakan alat peraga sebesar 95,38% dengan kategori sangat layak digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 97,22% dari 108 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan persentase 90,30%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi fluida statis sub materi viskositas dan hukum stokes.Kata kunci: Alat Peraga, Viskositas, Pre-test, Post-test
The purpose of this study is to produce viscosity props as a medium of physics learning. This study used 4D Model as development research method with stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. The teaching props developed were trialled using theoretical validity and empirical validity. Theoretical validity obtained from the results of expert assessment and empirical validity obtained from the results of trials to students of XI grade in SMA Negeri 1 Ngimbang based on empirical validity that is by using "One Group Pre-test Post-test Design" with three experimental classes. The data from this study is decentibility of props with 95.38%, which is very suitable category for use. The completeness of student learning outcomes is 97.22% of 108 students spread in three classes. While the response of students was obtained very positive response with a percentage of 90.30%. Overall, it can be concluded that the viscosity props can used as learning media for static fluid material physics sub material viscosity and stokes law.Keywords: Props, Viscosity, Pre-test, Post-test