Ningsih, Rakhmawati Qodari. (2019). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terstruktur dengan Strategi Brainstorming untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan
Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Prof. Dr. dr. Tjandrakirana, M.S., Sp.And. dan
(II) Dr. Wahono Widodo, M. Si.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran,
Inkuiri Terstruktur, Strategi Brainstorming ,
Berpikir Kreatif.
Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran IPA seperti Silabus, Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan
Lembar Tes yang valid, praktis, dan efektif model inkuiri terstruktur
dengan strategi Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4-D
yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran) dan diuji cobakan
di kelas IV SDN Nginden Jangkungan 1/247 tahun ajaran 2018/2019 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) valid, sesuai dengan penilaian ketiga validator,
2) praktis, sesuai dengan penilaian dari kedua pengamat tentang keterlaksanaan
RPP dan dari aktivitas siswa yang meningkat pada setiap pertemuan, 3) efektif,
terlihat dari adanya perbedaan hasil pretest
dan posttest tes berpikir kreatif siswa serta respon siswa yang positif
terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa
pengembangan perangkat pembelajaran
model inkuiri terstruktur dengan strategi brainstorming valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar.