Abstrak
Sriana, Fina Yuni. 2019. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Reyog Ponorogo Sebagai Apresiasi Seni Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Trisakti, M.Si, Pembimbing (2) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Kata kunci: Reyog Ponorogo, Pengembangan Buku Cerita Bergambar, Apresiasi Seni, Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah
Reyog Ponorogo adalah kesenian daerah yang sudah melekat disanubari masyarakat Ponorogo. Namun buku tentang Reyog Ponorogo yang dikhususkan untuk siswa Sekolah Dasar belum ditemui, banyak buku yang ditujukan untuk masyarakat umum, dan baru-baru ini juga terdapat buku dikhususkan untuk siswa SMP, maupun Siswa SMA ke atas. Adanya permasalahan tersebut menghasilkan rumusan masalah yaitu sebagai berikut: (1) bagaimana proses pengembangan buku cerita bergambar Reyog Ponorogo sebagai apresiasi seni pada siswa SD kelas rendah?, (2) bagaimana kualitas buku cerita bergambar Reyog Ponorogo sebagai apresiasi seni pada siswa SD kelas rendah?, dan (3) bagaimana kepraktisan buku cerita bergambar Reyog Ponorogo sebagai apresiasi seni pada siswa SD kelas rendah?.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan 4D terdiri dari 4 tahapan (define, design, development, disseminate). Taori yang digunakan yaitu teori belajar kognitif (Jean Piaget, 2007), teori media gambar (Hamdani, 2010), teori buku cerita bergambar (Nurgiyantoro, 1995), cerita Reyog Ponorogo (Rido Kurnianto, 2017). Analisis yang digunakan yaitu analisis skala linkert (Sudjana, 2007).
Proses pengembangan yaitu ada 4 tahap; 1). Define, tahapannya yaitu analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. 2). Design; tahapanya yaitu penyusunan materi, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. 3). Development; tahapanya yaitu penilaian ahli/ validator (ahli materi, bahasa, dan kegrafikaan), dan tahap uji coba. Kualitas buku cerita bergambar Reyog Ponorogo sebagai apresiasi seni pada siswa Sekolah Dasar kelas rendah berdasarkan penilaian rata-rata dari tiga validator ahli yaitu 87,2% dengan kategori sangat layak. Kepraktisan buku cerita bergambar Reyog Ponorogo sebagai apresiasi seni pada siswa Sekolah Dasar kelas rendah berdasarkan respon siswa dan respon guru: Kepraktisan buku cerita bergambar Reyog Ponorogo dilihat melalui respon siswa adalah sangat baik dengan prosentase keseluruhan sebesar 87.8% dan respon guru adalah sangat baik dengan prosentase keseluruhan sebesar 90.6%. Buku cerita bergambar Reyog Ponorogo terbukti sangat layak digunakan untuk siswa Sekolah Dasar, oleh karena itu buku diharapkan dapat digunakan siswa sekolah dasar secara mandiri maupun digunakan di sekolah. Harapan dari guru-guru apabila buku ini dapat diterbitkan dan diberikan di seluruh Sekolah Dasar di Kabupaten Ponorogo mengingat perlunya buku tentang Reyog Ponorogo bagi siswa Sekolah.
Sriana, Fina Yuni. 2019. The development of Reyog Ponorogo Pictorial Story Book as Art Appreciation for Low Grade Elementary School Students. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Trisakti, M.Si, Pembimbing (2) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.Keywords: Reyog Ponorogo, Development of Picture Story Books, Art Appreciation, Low Grade Elementary School Students.
Reyog Ponorogo is a regionl art that has been embedded in the Ponorogo community. Many researcher write books abaout Reyog Ponorogo aimed at the general public and recently there are also books specifically for junior high school students, ang high school studets and above, but currently books about Reyog that are specifically for elementary scool students have not been found. the existance of the abouve problem result in the formulation of the problem as follows: (1) hos is the process of developing Reyog Ponorogo Picture books as an appreciation of art in low grade elemantry school students?. (2) how is the quality of Reyog Ponorogo picture books as apreciation of arr in low grade elementary school students?. and (3) how is the practicality of Reyog Ponorogo pictoral stoory book as an appreciation of art in low grade elemantry school students?.
the study uses as a 4Ddevelopment method consisting of 4stages (define, design, development, disseminate). teori used are cognitive learning theory (Jean Piaget, 2007), media picture theory (Hamdani, 2010), picture stiiry boook theory (Nurgiyantoro, 1995), Reyog Ponorogo story (Rido Kurnianto, 2017). the analysis used is the likert scale analysis (Sudjana, 2007).
the development procces is there are 4 stages; 1) define, the stages are the beginning-end analysis, student analysis, concept analysis of learning objectives, 2) design, the stages ate material prepararion, media selection, format selection. intial disgn. #) development, the stages is the expert/ validators namely 87,2% with a very decent category. particality of Reyog Ponorogo pictorial stoory books as an appreciation of art in elemantry school students of low grade based on student responses and teacher responses; the particalty of Reyog Ponorogo pictorial book seen through students responses is very goog with an overall percentage of 87,8% and the teacher's responses is very good with an overall percentage of 90%. the Reyog Ponorogo picture book has proven to be very suitable for promary school students, therefore the book is expected to be used by elementary school students independently or in school. the expectation of the teachers if this book could be published and given in all elemantary school in Ponorogo Regency was the need for books on Reyog Ponorogo for school students.