Perkembangan teknologi di Indonesia dalam bidang transportasi secara terus menerus semakin menambah jumlah kendaraan di jalan raya. Kendaraan bermotor roda dua mempunyai populasi tertinggi di banding dengan kendaraan lainnya. Meningkatnya jumlah Pelanggaran lalu lintas menarik perhatian para aparatur Negara untuk mengasosialisasikan disiplin berlalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti tanggapan pelajar SMA Kemala Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong tentang Program Pendidikan Lalu Lintas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode random sampling untuk menentukan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan yakni editing data, input data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa Pemberian pendidikan lalu lintas di SMA Kemala Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong mendapatkan kategori baik. Tanggapan tentu tidak lepas dari keputusan Kepala Kepolisian dan Dinas Pendidikan Kota Sidoarjo.
Kata Kunci : Tanggapan baik, Pendidikan Lalu Lintas, SMA Kemala Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong
Technological developments in Indonesia in the field of transportation are continuously increasing the number of vehicles on the highway. Two-wheeled motorized vehicles have the highest population compared to other vehicles. Increasing number of traffic violations attract the attention of state apparatus to socialize traffic discipline. The purpose of this study was to examine the responses of KemalaBhayangkari 3 High School Students to the PusdikSabharaPorongAbout the Traffic Education Program. This study uses descriptive quantitative methods. The sample of this study is class X students. The data collection technique used is a random sampling method to determine the informant. Data collection techniques used were questionnaires and documentation. Data analysis techniques used are data editing, data input, and conclusion drawing. Based on the results of the study obtained data that the provision of traffic education at KemalaBhayangkari 3 High School PusdikSabharaPorong gets a good category. The response is certainly not separated from the decision of the Chief of Police and the Education Office of the City of Sidoarjo.
Keywords: Good response, Traffic Education, High School KemalaBhayangkari 3 PusdikSabharaPorong