Permainan kecil merupakan salah
satu media dalam pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
(PJOK), dalam permainan kecil terdapat nilai sikap kerjasama. Kerjasama
merupakan sikap yang dibutuhkan dalam berbagai materi dalam pembelajaran PJOK,
dengan bekerjasama siswa siswa akan belajar menyelesaikan masalah secara
bersama-sama, rasa toleransi, pertemanan, dan kekeluargaan siswa juga akan
bertambah, dengan tumbuhnya kerjasama maka diharapkan dapat menekan berbagai
sikap negatif. PJOK merupakan pembelajaran berbasis gerak yang berarti siswa
belajar berbagai pengetahuan, keterampilan gerak dan pembentukan karakter
melalui berbagai aktivitas fisik dan olahraga. Berdasarkan hasil pengamatan dan
wawancara, dalam pembelajaran PJOK siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman merupakan
siswa yang pandai dan aktif, tetapi kurang dalam bekerjasama.
Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama
siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman. Jika ada,
seberapa besar pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama siswa
dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini,
dapat disimpukan bahwa ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap
kerjasama siswa pada pembelajaran PJOK siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman
Sidoarjo, dibuktikan dengan nilai Thitung 10,19 lebih besar dari Ttabel
1,6905 dengan persentase pengaruh sebesar 10,23%
Permainan kecil merupakan salah
satu media dalam pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
(PJOK), dalam permainan kecil terdapat nilai sikap kerjasama. Kerjasama
merupakan sikap yang dibutuhkan dalam berbagai materi dalam pembelajaran PJOK,
dengan bekerjasama siswa siswa akan belajar menyelesaikan masalah secara
bersama-sama, rasa toleransi, pertemanan, dan kekeluargaan siswa juga akan
bertambah, dengan tumbuhnya kerjasama maka diharapkan dapat menekan berbagai
sikap negatif. PJOK merupakan pembelajaran berbasis gerak yang berarti siswa
belajar berbagai pengetahuan, keterampilan gerak dan pembentukan karakter
melalui berbagai aktivitas fisik dan olahraga. Berdasarkan hasil pengamatan dan
wawancara, dalam pembelajaran PJOK siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman merupakan
siswa yang pandai dan aktif, tetapi kurang dalam bekerjasama.
Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama
siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman. Jika ada,
seberapa besar pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama siswa
dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini,
dapat disimpukan bahwa ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap
kerjasama siswa pada pembelajaran PJOK siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman
Sidoarjo, dibuktikan dengan nilai Thitung 10,19 lebih besar dari Ttabel
1,6905 dengan persentase pengaruh sebesar 10,23%. Kata Kunci: Permainan Kecil, Kerjasama Siswa