ABSTRAK
Suryadi .
2019. Pengaruh Media Pembelajaran,
Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas
XI di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kabupaten Serang Tesis , Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof.
Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si, dan pembimbing (II) Dr. Susanti
S.Pd, M.Si.
Kata-kata
Kunci: Media Pembelaran, Motivasi
Belajar, Lingkungan Keluarga dan Hasil
Belajar Ekonomi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
(1) apakah media pembelajaran, motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara simultan
berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di Madrasah Aliyah Nurul
hidayah Kabupaten Serang; (2) media
pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di
Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Kabupaten Serang; (3) apakah motivasi belajar
secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di Madrasah
Aliyah Nurul Hidayah Kabupaten Serang; dan (4) apakah lingkungan keluarga
secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di Madrasah
Aliyah Nurul Hidayah Kabupaten Serang.
Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI sebanyak 187 siswa Madrasah Aliyah Nurul Hidayah
Kabupaten Serang. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 127. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Tehnik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan
program SPSS Ver 22 .
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil
penelitian yang menunjukkan bahwa secara simultan (1) media pembelajaran, Motivasi belajar, dan
Lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan Hasil
belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan
nilai tHitung 2.554 lebih besar dari ttabel yaitu 1,657; (2)
Secara Parsial Media Pembelajaran
berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai tHitung
2.166 lebih besar dari ttabel
yaitu 1,657.; (3) Secara Parsial Motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan dengan Hasil belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai tHitung
-0.438 lebih kecil dari ttabel yaitu 1,657; dan (4) Secara Parsial Lingkungan
Keluarga memiliki hubungan tidak berpengaruh signifikan dengan hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai tHitung
-0.823 lebih kecil dari ttabel yaitu 1,657.