PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DENGAN SISTEM GRADING FASE E TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULE LEARNING PURPOSE TO MAKING THE GRADING PATTERN OF PHASE E FASHION DESIGN AT VOCATIONAL SCHOOL NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan E-Modul interaktif, bagaimana tingkat kelayakan E-Modul interaktif, dan bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan E-Modul interaktif pembuatan pola grading fase E Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan berupa analysis, design, development, implementation, and evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, penugasan dan lembar validitas. Kelayakan E-Modul interaktif diuji oleh 5 ahli dibidang media, materi, dan bahasa. Subjek pada penelitian ini melibatkan kelas uji coba sebanyak 35 peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan E-Modul interaktif menggunakan model ADDIE. 2) Tingkat kelayakan E-Modul interaktif pembuatan pola grading kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo mendapat penilaian sebesar 3,73 dengan kategori layak. 3) Hasil belajar Peserta didik setelah menggunaan E-Modul interaktif pembuatan pola grading dinyatakan tuntas dengan presentase sebesar 97%.
Kata kunci: E-Modul, Interaktif, ADDIE, Validitas, Grading
The purpose of this research is to determine how the interactive E-Module is developed, how the eligibility level of the interactive E-Module is, and how the learning outcomes of students after implementing the interactive E-Module are making the grading pattern of phase E Fashion Design at Vocational School Negeri 1 Buduran Sidoarjo. This study uses the ADDIE development model with stages in the form of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques using documentation methods, tests, assignments and validity sheets. The feasibility of the interactive E-Modules was tested by 5 experts in the fields of media, materials and language. The subjects in this study involved a trial class of 35 students in class XI Fashion Design at Vocational School Negeri 1 Buduran Sidoarjo. The results of the study show that: 1) The interactive E-Module development process uses the ADDIE model. 2) The eligibility level of the interactive E-Module for making grading patterns for class XI Fashion Design at SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo received an assessment of 3.73 in the appropriate category. 3) Student learning outcomes after using the interactive E-Module for making grading patterns are declared complete with a percentage of 97%.
Keywords: E-Module, Interactive, ADDIE, Validity, Grading