Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang tenaga pendidik dalam proses pembelajaran. kompetensi pedagogik meliputi pengelolaan kelas yang efektif, praktik mengajar yang efektif, penilaian yang efektif dan ketrampilan teknologi. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak atau dorongan di dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang ditandai perubahan energi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik tutor dengan motivasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Bahtera Dua Kota Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden yang diteliti sejumlah 82 peserta didik. teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menngunakan rumus korelasi product moment untuk uji validitas, rumus alpha croanbach untuk uji reliabilitas, dan rumus kolmogrov smirnov untuk uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu (0,976 > 0,448) artinya terdapat hubungan yang positif antara kompetensi pedagogik tutor dengan motivasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Bahtera Dua Kota Blitar. Hubungan antar kedua variabel termasuk dalam kategori sangat kuat karena berada pada interval koefisien 0,80-0,100. Dengan demikian apabila apabila kompetensi pedagogik tutor ditingkatkan maka motivasi belajar peserta didik juga akan meningkat begitupun sebaliknya.
Pedagogic competence is the ability of an educator in the learning process. Pedagogic competencies include effective classroom management, effective teaching practices, effective assessment and technological skills. Learning motivation is the overall driving force or encouragement in students to carry out learning activities that are marked by changes in energy to achieve the desired goals. The purpose of this study was to determine the correlation between tutors' pedagogical competence and kejar paket C student’s learning motivation in PKBM Bahtera Dua Blitar City.
This study uses a quantitative research approac with a type type of correlational research. The number of respondents studied was 82 students. Data collection techniques used in this study were questionnaire, observation, and documentation. The data analysis technique uses the product moment correlation formula to validity test, alpha croanbach formula to reliability test, and smirnov kolmogrov formula to normality test.
The results showed the calculated r value was greater than r table (0.976> 0.448), it means there was a positive relationship between tutors' pedagogical competence and the learning motivation of students kejar paket C in PKBM Bahtera Dua Blitar City. The correlation between the two variables included in the category very strong because it is in the coefficient interval 0.80-0.100. Thus, if if the tutor's pedagogical competence is improved, the students' learning motivation will also increase and otherwise.