PREFERENSI GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MEREK MAKANAN FAST FOOD DI SURABAYA
LIFESTYLE PREFERENCES AND REFERENCE GROUPS FOR DECISIONS ON CHOOSING FAST FOOD BRANDS IN SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruh preferensi gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan purposive sampling teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel non probability sampling, dengan total 200 responden. Responden tersebut merupakan konsumen makanan fast food di kota Surabaya dan sudah melakukan pembelian secara berulang di berbagai merek makanan Fast food minimal tiga kali pembelian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa preferensi gaya hidup (X1) dan kelompok referensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih merek makanan fast food di Surabaya (Y) dimana kontribusi preferensi gaya hidup dan kelompok referensi sebesar 24% sedangkan terdapat sisa 76% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Preferensi gaya hidup, kelompok referensi, keputusan memilih merek.
The purpose of this study was to determine how influential lifestyle preferences and reference groups are on the decision to choose a fast-food brand in Surabaya. This type of research is quantitative using a purposive sampling technique used for sampling non-probability sampling, with a total of 200 respondents. These respondents are fast food consumers in the city of Surabaya and have made repeated purchases at various Fast food brands at least three times. The data analysis technique used descriptive statistics and multiple linear regression. The results of the study indicate that lifestyle preferences (X1) and reference groups (X2) have a significant effect on the decision to choose a fast-food brand in Surabaya (Y) where the contribution of lifestyle preferences and the reference group is 24% while there is a remaining 76% explained by other variables. which were not examined in this study.
Keywords: lifestyle preferences, reference group, brand choice decisions.