Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
pelaksanaan strategi Contextual Teaching
and Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Pawiyatan
Surabaya dengan materi pokok “Fitur – fitur Perangkat Lunak Pembuatan Slide”
pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini juga untuk
membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi Contextual Teaching and Learning . Konsep
pembelajaran dari strategi kontekstual ini adalah belajar dengan cara peserta
didik mengkonstruksikan sendiri secara aktif pemahamannya. Peserta didik
sebagai subjek belajar dapat menemukan dan menggali sendiri materi yang
diajarkannya serta mengaitkan dengan situasi dunia nyata, agar dapat mendorong
pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka, namun
juga melalui pendekatan proses yang didampingi oleh pembelajar (guru).
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen,
dengan True Experiment Design menggunakan
Pretest – Posttest Control Group Design.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Variabel Bebas dan Variabel Terikat,
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi Contextual Teaching and Learning yang
melibatkan aktivitas guru dan peserta didik selama proses kegiatan belajar
mengajar dengan melalui pendekatan proses, sedangkan Variabel Terikatnya adalah
hasil belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital materi pokok Fitur
– fitur Perangkat Lunak Pembuatan Slide. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini ada dua, yaitu observasi dan tes. Metode observasi ini digunakan
untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan prosedur penerapan strategi Contextual Teaching and Learning,
sedangkan metode tes pada penelitian ini menggunkan tes unjuk kerja untuk
menilai hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji T, analisis uji Koefisien Kesepakatan, dan uji hipotesis One Way Anava.
Analisis Uji T dilakukan untuk membandingkan hasil posttest kelompok kelas eksperimen dan
kelompok kelas kontrol. Hasil analisis posttest
diperoleh 6,023 > 1,98 (thitung > ttabel ) untuk
perbandingan antara kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol, dan 5,242 > 1,98
(thitung > ttabel ) untuk perbandingan antara kelas
eksperimen 2 dan kelas kontrol. Adapun artinya terdapat perbedaan yang
signifikan hasil belajar kedua kelompok, dan dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning melalui
pendekatan proses dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar peserta
didik dalam mengelola Fitur – fitur Perangkat Lunak Pembuatan Slide.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
dengan adanya perlakuan dalam penerapan strategi Contextual Teaching and Learning melalui pendekatan proses, hasil
belajar peserta didik lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran melalui
pendekatan saintifik dengan metode ceramah dan diskusi kelas X SMK Pawiyatan
Surabaya.
Kata
kunci : Pengaruh, Contextual Teaching and Learning, Fitur
– fitur Perangkat Lunak Pembuatan Slide, Hasil Belajar