Visualisai Gerak Kuda pada Dance Film “Equus Caballus” dalam Bentuk Koreografi Lingkungan
Visualization of Horse Movement in the Dance Film “Equus Caballus” in the Form of Environmental Choreography
ABSTRAK
VISUALISASI GERAK KUDA PADA DANCE FILM “EQUUS CABALLUS” DALAM BENTUK KOREOGRAFI LINGKUNGAN
Nama : Yoga Korniagusta
NIM : 17020134025
Program Pendidikan : Pendidikan Sendratasik
Jurusan : Sendratasik
Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M. Hum.
Tahun Akademik : 2021
Kuda merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan icon pada sesuatu yang berhubungan dengan stamina, keanggunan, keindahan, maupun kegagahan. Pada kondisi ini kuda dibawa ke lingkungan pantai dengan kondisi yang sangat jauh berbeda dengan kondisi medan yang semestinya, dimana medan yang seharusnya tempat Kuda berpacu ialah tanah lapang, kering dan padat, sedangkan lingkungan pantai kondisi lingkungannya berair, pasir yang lembut, dan juga sedikit licin. Gerak-gerak yang muncul dari Kuda tersebut juga lebih unik dan lebih ekpresif, hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi medan kuda berpacu yaitu berada di lingkungkan pantai. Gerak-gerak yang muncul dari kuda ini menjadi suatu hal yang menarik untuk diungkapkan menjadi sebuah koreografi baru. Koreografer mengungkapkan karya tari Equus Caballus dengan menggunakan pendekatan koreografi lingkungan yang menggunakan lingkungan pantai sebagai tempat sebagai penunjang sebuah koreografi secara virtual pada dance film.
Karya tari Equus Caballus ini menitik beratkan pada kesan anggun yang ada pada kuda beserta gerak-gerak yang muncul saat di pantai sebagai fokus geraknya. Kesan anggun yang disebutkan diwujudkan melalui tatarias dan busana yang dipakai pada karya tari ini, meliputi ornamen yang dipakai pada busananya yang menggunakan warna dasar hitam berbahan bludru dengan sentuhan ornamen berwarna emas dan menggunakan tatarias cantik dengan menonjolkan garis-garis pada wajah agar terlihat lebih tegas.
Teori pada koreografi yang menjadi pijakan dalam proses penciptaan karya tari ini meliputi teori koreografi dari Sal Murgiyanto, metode konstruksi oleh Jacqueline Smith, elemen dasar komposisi tari oleh La Meri, dan konsep film sebagai produk karya. Hasil karya yang releven juga menjadi referensi tentang teknik, gaya, dan konsep untuk menyampaikan bukti orisinalitas masing-masing karya tari. Penyusunan konsep ditentukan melalui beberapa tahap meliputi tema, judul, sinopsis, teknik, gaya, unsur pendukung (iringan, tata teknik pentas dan cahaya, serta tata rias dan busana). Penyampaian karya tari menggunakan tipe tari dramatik dengan penekanan pada unsur suasana yang diciptakan pada karya tari dengan memperhatikan tata cahaya melalui proses editing sinematografi.
Pengungkapan gerak kuda di lingkungan pantai pada karya tari Equus caballus menggunakan penerapan teknik-teknik gerak tari berdasarkan isi dari karya tari itu sendiri tanpa menghilangkan unsur keindahan dari sebuah karya seni dengan menggunakan acuan dalam bentuk sajian Dance Film yang meliputi proses editing sinematografi. Penerapan teknik yang dilakukan pada karya tari ini juga meliputi lingkungan pantai yang merupakan ruang dimana karya ini dipentaskan, teknik yang dimaksudkan pada lingkungan di sini lebih menekankan pada proses explorasi terhadap objek yang ada pada lingkungantersebut, seperti batu, air dan pasir, yang kemudian dilakukan eksplorasi pada objek-objek yang mendominasi dalam lingkungan tersebut. Proses kekaryaan pada karya tari ini sedikit berbeda dari proses kekaryaan yang biasa tanpa dilakukan pengamatan terhadap lingkungan yang sangat detail dalam penentuan angle kamera akan diletakkan, hal ini dikarenakan pada karya tari ini menggunakan bentuk sajian Dance Film sebagai produknya sehingga dilakukan pengamatan lingkungan yang cukup detail untuk menentukan unsur-unsur sinematografi pada karya yang dirasa sesuai. Selain itu pada karya tari ini juga menggunakan pendeketan lingkungan (Pantai) sebagai latar atau tempat pementasan karya, sehingga unsur-unsur alami dari lingkungan tersebut lebih diperhatikan. Penentuan tatarias dan busana yang dikenakan oleh penari juga sangat dipertimbang, karena dalam kondisi ini juga mnyesuaikan dengan kontras alamiah pantai. Tatarias dan busana yang digunakan pada karya tari ini berpatokan pada kesan elegan dengan menggunkan busana berwarna hitam berbahan bludru sebagai dasarnya dan warna emas dan merah sebagai ornamen yang ada pada busana, sedangkan tatarias yang digunakan adalah tatarias cantik elegan sebagai perwujudan elegan dari kuda.
Kata kunci : gerak kuda, lingkungan pantai, Equus Caballus
ABSTRACT
VISUALIZATION OF HORSE MOTION IN THE DANCE FILM “EQUUS CABALLUS” IN THE FORM OF ENVIRONMENTAL CHOREOGRAPHY
Name : Yoga Korniagusta
Educational Program : Sendratasik Education
Department : Sendratasik
Faculty : Faculty of Languages and Arts
Institution Name : Surabaya State University
Supervisor : Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M. Hum.
Academic Year : 2021
Horse is one of the animals that is often used as an icon for something related to stamina, elegance, beauty, and valor. In this condition the horses are brought to the beach environment with conditions that are very much different from the proper terrain conditions, where the terrain where the horses are supposed to race is field, dry and dense, while the beach environment is watery, the sand is soft, and also slightly slippery. The movements that arise from the horse are also more unique and more expressive, it is influenced by the conditions of the horse racing field, which is in the coastal environment. The movements that emerge from this horse become an interesting thing to be revealed into a new choreography. The choreographer reveals the dance work of Equus Caballus using an environmental choreography approach that uses the beach environment as a place to support a virtual choreography in a dance film.
This dance work of Equus Caballus focuses on the graceful impression that exists on the horse and the movements that appear on the beach as the focus of its movement. The graceful impression mentioned is manifested through the make-up and clothes used in this dance, including the ornaments used in the clothes which use a black base color made of velvet with a touch of gold ornaments and use beautiful make-up by highlighting the lines on the face to make it look more assertive.
Theories on choreography that serve as the basis for the process of creating this dance work include Sal Murgiyanto's choreography theory, Jacqueline Smith's construction method, La Meri's basic elements of dance composition, and the concept of film as a work product. The relevant works are also references to techniques, styles, and concepts to convey evidence of the originality of each dance work. The drafting of the concept is determined through several stages including themes, titles, synopsis, techniques, styles, supporting elements accompaniment, stage and lighting techniques, as well as make-up and clothing). The presentation of dance works uses the dramatic dance type with an emphasis on the atmosphere element created in the dance work by paying attention to the lighting through the cinematographic editing process.
Disclosure of the motion of horses in the coastal environment in the dance work of Equus caballus uses the application of dance movement techniques based on the content of the dance work itself without losing the element of beauty from a work of art by using a reference in the form of a Dance Film presentation which includes a cinematographic editing process. The application of the techniques carried out in this dance work also includes the beach environment which is the space where this work is performed, the technique intended for the environment here emphasizes the exploration process of objects that exist in the environment, such as rocks, water and sand, which are then explored. on the objects that dominate in the environment. The work process in this dance work is slightly different from the usual work process without very detailed observations of the environment in determining the angle the camera is placed, this is because this dance work uses the form of Dance Film as the product, so detailed environmental observations are carried out to determine cinematographic elements in the work that is deemed appropriate. In addition, this dance work also uses an environmental approach (beach) as a background or a place for staging works, so that the natural elements of the environment are more considered. The make-up and clothes used in this dance work are based on an elegant impression by using black clothes made of velvet as the basis and gold and red colors as ornaments on the clothes, while the make-up used is beautiful and elegant makeup as an elegant embodiment of the horse.
Keywords: horse movement, coastal environment, Equus Caballus