Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model PBL menggunakan Strategi PDEODE, hasil pelatihan problem solving skills peserta didik, profil ketercapaian indikator problem solving skills, respon peserta didik terhadap model PBL menggunakan Strategi PDEODE. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif pre-experimental dan menggunakan desain penelitian one grup pretest-posttest, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 88 peserta didik di SMA Khadijah Surabaya. Subjek penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu kelas eksperimen, kelas replikasi I dan kelas replikasi II dengan penerapan model PBL menggunakan strategi PDEODE. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan problem solving skills peserta didik adalah lembar soal pre-test dan post-test yang terdiri dari empat soal uraian. Hasil data pre-test dan post-test yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan n-gain, Uji-t Bepasangan, ANOVA, serta analisis angket respon peserta didik. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen, kelas replikasi I, dan kelas replikasi II dapat terlaksana dengan baik, dengan perolehan masing-masing skor yaitu kelas eksperimen dengan nilai 3,81 dengan kategori sangat baik; kelas replikasi I dengan nilai 3,71 dengan kategori sangat baik; dan kelas replikasi 2 dengan nilai 3,51 dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil problem solving skills meningkat dengan kategori tinggi dengan perolehan hasil nilai n-gain pada masing-masing yaitu, kelas eksperimen memperoleh nilai 0,92 dengan kategori tinggi; kelas replikasi I memperoleh nilai 0,77 dengan kategori tinggi dan pada kelas replikasi II memperoleh nilai sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis Uji-t Berpasangan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Hasil ANOVA menyatakan terdapat perbedaan rata-rata peningkatan problem solving skills antara kelas eksperimen, kelas replikasi I, dan kelas replikasi II. Hasil angket respon peserta didik mendapat respon yang positif, dan sebagian besar peserta didik menyetujui pembelajaran dengan model problem based learning (PBL) menggunakan strategi PDEODE ini diterapkan dalam pembelajaran fisika.
This study aims to describe the implementation of the PBL model using the PDEODE Strategy, the results of the students 'problem solving skills training, the profile of the achievement indicators of problem solving skills, the students' responses to the PBL model using the PDEODE Strategy. This type of research is descriptive quantitative pre-experimental and uses a one group pretest-posttest research design, with a total of 88 research subjects in Khadijah High School Surabaya. The subjects of this study used three classes namely the experimental class, the replication class I and the replication class II by applying the PBL model using the PDEODE strategy. The instrument used to measure students' problem solving skills is the pre-test and post-test question sheets which consist of four problem descriptions. The results of the pre-test and post-test data obtained were analyzed using n-gain, T-test for casualty, ANOVA, and student questionnaire response analysis. The results of the implementation of learning in the experimental class, replication class I, and replication class II can be done well, with the acquisition of each score, namely the experimental class with a value of 3.81 with a very good category; replication class I with a value of 3.71 with a very good category; and replication class 2 with a value of 3.51 in either category. Based on the analysis of the data obtained shows that the results of problem solving skills increased with a high category with the acquisition of the n-gain value in each of them, namely, the experimental class gained 0.92 with a high category; replication class I got a value of 0.77 with a high category and on replication class II obtained a value of 0.89 with a high category. Based on the paired t-test analysis there is a significant difference between the pre-test and post-test results. ANOVA results stated that there were differences in the average increase in problem solving skills between the experimental class, the replication class I, and the replication class II. The results of the questionnaire responses of students received positive responses, and most students agreed to learning with a problem based learning model (PBL) using the PDEODE strategy applied in physics learning.