NILAI MORAL PADA MATERI CERITA ANAK TEMA 8 SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
MORAL VALUES IN THE CHILDREN'S STORY MATERIAL THEME 8 AS CHARACTER EDUCATION FOR CLASS IV STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud nilai moral yang ada pada buku tematik kelas IV tema 8 . (2) mengetahui relevansi nilai-nilai moral yang ada pada buku tematik kelas IV tema 8 dengan indikator nilai-nilai karakter PPK kurikulum 2013 di Perpres No. 87 Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research melalui pendekatan kualitatif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat yang ada pada buku tematik kelas IV tema 8 menunjukkan terdapat 4 wujud nilai moral antara lain hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan alam, hubungan manusia dengan sesama, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Selain itu nilai moral yang ada pada cerita rakyat memiliki relevansi dengan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter (PPK) yang meliputi nilai religious, nilai nasionalisme, nilai gotong royong, nilai mandiri, dan nilai integritas. Nilai moral inilah yang dapat dijadikan sebagai pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci : Nilai moral, buku tematik kurikulum 2013, pendidikan karakter, cerita rakyat, siswa sekolah dasar.
This study aims to (1) describe the form of moral values that exist in the thematic book class IV theme 8 . (2) knowing the relevance of the moral values in the thematic book class IV theme 8 with indicators of character values of the 2013 curriculum PPK in Presidential Decree No. 87 of 2017. This research is a Library Research study with a qualitative analysis approach. The results of this study indicate that the folklore contained in the thematic book class IV theme 8 shows that there are 4 forms of moral values, namely the relationship between humans and God, the relationship between humans and nature, human relationships with others, and human relationships with themselves. In addition, the moral values in folklore have relevance to the five main values of strengthening character education (PPK) which include religious values, nationalism values, mutual cooperation values, independent values, and integrity values. This moral value can be used as character education for elementary school students
Keyword : Moral value, 2013 curriculum thematic books, character building, folklore, elementary school students.