ABSTRAK
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Abstrak Pada Materi Model Atom
Nama
:
Wisnu Nandyansah
NIM
15030184099
Program Studi
S-1 Pendidikan Fisika
Jurusan
Fisika
Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
Nadi Suprapto, Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan jenis pennelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validitas untuk menilai kevalidan media yang akan dikembangkan, lembar pengamatan pembelajaran untuk menilai kepraktisan media yang dikembangkan, lembar penilaian dan angket respon siswa untuk menilai keefektifan media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai: 1) Persentase validitas media sebesar 90,47% dengan kategori sangat valid dan persentase validitas materi sebesar 90,00% dengan kategori sangat valid. 2) Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,14% dengan kategori sangat baik. 3) Persentase hasil keterampilan berpikir abstrak (pengontrolan variabel 100% dengan kategori sangat baik, penalaran proporsional 100% dengan kategori sangat baik, penalaran probabilistik 66,67% dengan kategori baik, penalaran kombinatorial 75,76% dengan kategori baik, dan penalaran korelasional 66,67% dengan kategori baik) dan persentase respon siswa sebesar 92,76% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak layak untuk digunakan.
Kata kunci : media pembelajaran, augmented reality, keterampilan berpikir abstrak.
ABSTRACT
Development of Learning Media Based on Augmented Reality to Practice Abstract Thinking Skills in Atomic Model
Name
Study Program
S-1 Physics Education
Majors
Physics
Faculty
Math and Science
Name of Institute
State University of Surabaya
Counselor
This study aimed at produce an augmented reality-based learning media to train abstract thinking skills that are feasible (valid, practical, and effective). This research is a type of development research using the ADDIE model (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Data collection techniques used in the form of a sheet of validity to assess the validity of the media to be developed, observation sheet learning to assess the practicality of the media developed, assessment sheets and student response questionnaires to assess the effectiveness of the media being developed. The results of the research that has been done, obtained values: 1) Percentage of media validity of 90.47% with a very valid category and the percentage of material validity of 90.00% with a very valid category. 2) The percentage of learning implementation is 98.14% with a very good category. 3) Percentage of results of abstract thinking skills (100% variable control with very good categories, 100% proportional reasoning with very good categories, probabilistic reasoning 66.67% with good categories, combinatorial reasoning 75.76% with good categories, and correlational reasoning 66,67% with a good category) and the percentage of student responses by 92.76% with a very good category. Thus it can be concluded that augmented reality-based learning media to train abstract thinking skills are feasible to use.
Keywords : learning media, augmented reality, abstract thinking skills.