Pengembangan Alat Peraga Mobil Listrik Sebagai Media Pembelajaran Berbantuan Lux Light Meter Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Energi Terbarukan
Development Of An Electric Car Teaching Aid As A Learning Medium Assisted By The Android Lux Light Meter To Improve Learning Outcomes On Renewable Energy Materials
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kevalidan yang ditinjau dari validasi media, kepraktisan yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik, dan keefektifan alat peraga mobil listrik sebagai media pembelajaran ditinjau dari tingkat pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Alat peraga mobil listrik yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas X-E6 di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, validitas alat peraga mobil listrik yang dikembangkan pada materi energi alternatif cahaya diperoleh 92% dalam kategori sangat valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kepraktisan alat peraga mobil listrik yang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 89% dalam kategori sangat baik dan untuk respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 89%. Keefektifan alat peraga energi alternatif cahaya yang dikembangkan ditinjau dari hasil peningkatan pre-test dan post-test (n-gain) dengan skor 0,7 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, keseluruhan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga mobil listrik yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran berbantuan lux light meter untuk meningkatkan hasil belajar pada materi energi alternatif.
This research aims to describe validity in terms of media validation, practicality in terms of learning implementation and student response questionnaires, and the effectiveness of electric car teaching aids as learning media in terms of pre-test and post-test levels. This research uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development method. The electric car props developed were tested on class X-E6 students at SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Based on the results of the research that has been carried out, the validity of the electric car teaching aids developed using alternative light energy material was found to be 92% in the very valid category for use in learning activities. The practicality of the electric car teaching aids developed in terms of learning implementation was found to be 89% in the very good category and for student responses the percentage was 89%. The effectiveness of the alternative light energy teaching aids developed was reviewed from the results of the increase in pre-test and post-test (n-gain) with a score of 0.7 in the high category. Thus, overall from this research it can be concluded that the electric car teaching aid developed is suitable for use as a learning medium assisted by a lux light meter to improve learning outcomes in alternative energy material.