ABSTRAK
Rizal, Muhammad. 2018. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle pada
Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kemandirian dan
Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Khadijah Surabaya. Tesis, Program Studi
Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Kata-kata
Kunci : Pengembangan e-learning berbasis moodle,
kemandirian belajar, hasil belajar.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kelayakan media E-Learning
berbasis moodle yang digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningatkan
kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Khadijah Surabaya.
Penelitian
ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall (2003). Uji coba dilakukan
dengan uji perorangan, uji kelompok kecil, uji kelompok besar. Uji validitas
dilakukan untuk mengetahui tingkat ketepatan pengukuran melalui uji expert/
ahli untuk mengetahui tingkat kehandalan konstruksinya (construct validity )
sedangkan untuk melihat kesahihan maka dilakukan uji validitas isi (content
validity ). Analisis uji validitas dan reliabilitas instrument dilakukan
untuk mengetahui kehandalan instrument. Setelah instrument dinyatakan handal,
selanjutnya instrument tes digunakan untuk pengukuran sebenarnya melalui peretest
dan postest, dengan menggunakan uji N-Gain.
Hasil
pengembangan layak digunakan dibuktikan dengan nilai prosentase dari uji prorangan
87,74%, uji kelompok kecil 82,33%, uji kelompok besar 80,64%. Kemudian
pengembangan ini efektif meningkatkan kemandirian belajar dibuktikan dengan
hasil angket sebesar 75,97% dan dapat meningkatkan hasil belajar dibuktikan
dengan nilai rata-rata postest sebesar = 76,61 dan nilai N-Gain menunjukkan peningkatan
hasil belajar dengan nilai 0,48, maka, terdapat perbedaan hasil belajar antara
sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan media E-Learning berbabsis moodle .
ABSTRACT
Rizal,
Muhammad.
2018. Moodle-Based E-Learning Development
in Workshop Subjects and Entrepreneurship to Increase the Independence and
Learning Outcomes of Class XI Students at Khadijah High School Surabaya.
Thesis, Educational Technology Study Program, Postgraduate , Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., (II) Dr. Andi
Mariono, M.Pd.
Key
Words : Development of moodle-based e-learning,
learning independence, learning outcomes.
This study aims to determine the
feasibility of moodle-based E-Learning media used as learning materials to be
able to improve the independence and learning outcomes of class XI students at
the Khadijah High School Surabaya.
This study uses the research procedure
Borg and Gall (2003). The trial was carried out by individual testing, small
group testing, large group testing. Validity test is carried out to determine
the level of accuracy of measurement through expert / expert test to determine
the level of reliability of construction (construct validity) while to see
validity, a test of content validity is conducted. Analysis of the validity and
reliability of the instrument was carried out to determine the reliability of
the instrument. After the instrument is declared reliable, then the test
instrument is used for actual measurement through the peretest and posttest,
using the N-Gain formula .
Proper development results are used as
evidenced by the percentage value of the 87.74% private test, the small group
test 82.33%, the large group test 80.64%. Then this development effectively
increases learning independence as evidenced by the results of a questionnaire
of 75.97% and can improve learning outcomes as evidenced by the posttest
average value = 76.61 and the N-Gain value shows an increase in learning
outcomes with a value of 0.48, then, there are differences in learning outcomes
between before and after learning using E-Learning media using moodle.