Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy
Kode Dokumen
:
0033/FMIPA-PMAT/2022
Penulis Utama
:
MIRZA GERALDINE
NIM Penulis Utama
:
18030174083
Tahun
:
2022
Judul ID
:
Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy
Judul EN
:
Mathematical Literacy of Students in Solving PISA Problems on the Content of Change and Relationship Reviewed from Self Efficacy
Sumber
:
UNESA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Jurusan S1 Pendidikan Matematika - 18030174083 - 2022
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Literasi matematika merupakan suatu kecakapan seseorang dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika pada berbagai konteks masalah yang dapat dipengaruhi oleh
self-efficacy.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten
Change and Relationship
ditinjau dari
self-efficacy
tinggi dan rendah. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dilakukan dengan mengambil data dari subjek penelitian secara
purposive
yang terdiri dari satu siswa dengan
self-efficacy
tinggi dan satu siswa dengan
self-efficacy
rendah. Instrumen yang digunakan meliputi angket
self-efficacy,
enam soal PISA konten
change and relationship
dengan penyesuaian konteks, dan pedoman wawancara. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan kerangka proses matematika dalam literasi matematika yang meliputi proses merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa dengan
self-efficacy
tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten
change and relationship
mampu merumuskan masalah dengan mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan dan mengubah masalah menjadi bahasa matematika yang sesuai, lalu menerapkan fakta, aturan, dan algoritma selama proses penentuan hasil-hasil matematika dan akhirnya mampu menafsirkan dan mengevaluasi kesesuaiannya ke dalam konteks masalah awal. Sementara itu, siswa dengan
self-efficacy
rendah hanya mampu dalam proses merumuskan dengan mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan.
Abstrak EN
:
Mathematical literacy is a person's capacity in formulating, employing, and interpreting mathematics in various contexts that can be influenced by self-efficacy. This study aims to describe students' mathematical literacy in solving PISA task with Change and Relationship content in terms of high and low self-efficacy. Descriptive research with a qualitative approach was carried out by taking data from research subjects purposively consisting of one student with high self-efficacy and one student with low self-efficacy. The instruments used include a self-efficacy questionnaire, six PISA tasks with change and relationship content with contextual adjustments, and interview guidelines. The data were then analyzed using a mathematical process framework in mathematical literacy which includes the process of formulating, employing, and interpreting. The results showed that the mathematical literacy of students with high self-efficacy in solving PISA problems with change and relationship content was able to formulate problems by identifying the mathematical aspects of the problem and turning the problem into an appropriate mathematical language, then employing facts, rules, and algorithms during the process of determining mathematical results and finally being able to interpret and evaluate their suitability in the context of the initial problem. Meanwhile, students with low self-efficacy are only able to formulate by identifying the mathematical aspects of the problem.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran