ABSTRAK
Putri,
Intan Wardhani. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Ular Tangga Terhadap
Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Raden Fatah Surabaya. Tesis.
Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Dr. Ketut Prasetyo, M.S. dan (II) Dr. Muhammad Turhan Yani,
M.A.
Kata Kunci : Model
pembelajaran teams games tournament
(TGT), media ular tangga, aktivitas siswa, hasil belajar IPS
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran teams games tournament dengan media ular
tangga terhadap aktivitas belajar siswa kelas empat S ekolah D asar Raden Fatah
dan mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament dengan media ular tangga terhadap hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas empat S ekolah D asar Raden Fatah. Pelaksanaan model pembelajaran teams games tournament dipadukan dengan media ular tangga sehingga model ini dapat melibatkan
seluruh siswa dalam beraktivitas dan mengandung unsur permainan
Penelitian
ini merupakan penelitan eksperimen dengan desain pretest posttest kontrol group design . Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas empat sekolah dasar Raden Fatah Surabaya. Teknik pengumpulan data
melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji t. Dalam hal ini uji t
dilakukan dua kali, pertama, untuk mengetahui kondisi awal dari kelompok
eksperimen dan kelompok k ontrol dan kedua untuk
mengetahui kondisi setelah diberi perlakuan.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberi perlakuan menunjukkan tidak ada
perbedaan yang signifikan (nilai thitung 0, 111 < ttabel 1,672 dan nilai sig. 2 tailed 0, 912 > 0,05 aktivitas; thitung 0,297 < ttabel 1,672 dan nilai sig.
2 tailed 0,768 > 0,05 hasil belajar ). Sedang kan hasil uji t setelah diberi perlakuan menunjukkan ada
perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ( nilai thitung 8,052 > ttabel 1,672 dan
nilai sig. 2 tailed 0,000 < 0,05 aktivitas; thitung 3,625 > ttabel 1,672 dan nilai sig. 2 tailed 0,001 < 0,05 hasil
belajar ) . Pada penelitian ini, perlakuan merupakan
satu-satunya pembeda antara kelompok eksperimen dan kelompok k ontrol, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran teams games
tournament dengan media ular tangga tehadap aktivitas dan
hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas empat sekolah dasar .