Perancangan Video Tutorial Menggambar Ilustrasi dari Cerita Rakyat Sawunggaling Pada Media Sosial Tiktok
Video Tutorial Design For Drawing Illustrations From Sawunggaling Folk Story on Tiktok Social Media
Perancangan ini dilatarbelakangi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat masyarakat mengurangi kegiatan tatap muka karena akses gerak yang dibatasi dan semua kegiatan dilakukan secara daring. Tiktok merupakan media sosial yang memiliki pengingkatan pengguna aktif bulanan sejak pandemi Covid-19 menjadi salah satu media sosial yang bermanfaat untuk menyebaran konten edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan konsep video tutorial menggambar cerita rakyat Sawunggaling pada media sosial TikTok, 2) Mendeskripsikan tahap pembuatan video tutorial menggambar cerita rakyat Sawunggaling pada media sosial TikTok, dan 3) Menghasilkan produk video tutorial menggambar cerita rakyat Sawunggaling pada media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development menurut teori Sugiyono menggunakan tingkatan atau level 1 yaitu meneliti tanpa menguji, namun dengan modifikasi. Langkah- langkahnya meliputi identifikasi potensi masalah, studi literatur dan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan produk perancangan. Konsep dan struktur video meliputi penetapan materi gambar ilustrasi berdasarkan cerita rakyat Sawunggaling ketika Sawunggaling mengikuti sayembara dan pembuatan storyboard video tutorial yang terbagi menjadi 3 part. Pada part 1 membahas cerita rakyat Sawunggaling, part 2 membahas cara mengubah cerita menjadi gambar ilustrasi dengan cara menganalisis cerita, dan part 3 membahas step menggambar ilustrasi. Struktur video meliputi pendahuluan, isi dan penutup. Setelah proses penyusunan video kemudian di validasi dan dinyatakan layak maka dilanjutkan dengan menunggah video ke media sosial TikTok.
This design was according by the Covid-19 pandemic which has hit the whole world, causing people to reduce face-to-face activities because access to movement is restricted and all activities are carried out online. TikTok is a social media that has increased monthly active users since the Covid-19 pandemic, becoming one of the social media that is useful for spreading educational content. This study aims to 1) Describe the concept of a video tutorial on drawing Sawunggaling folklore on social media TikTok, 2) Describe the stages of making a video tutorial on drawing Sawunggaling folklore on social media TikTok, and 3) Produce video tutorial products on drawing Sawunggaling folklore on TikTok social media. This study uses the Research and Development method according to Sugiyono's theory using level 1, namely research without testing, but with modifications. The steps include identification of potential problems, literature study and data collection, product design, design validation, design revision, and product design. The concept and structure of the video includes determining the illustration material based on the folklore of Sawunggaling when Sawunggaling took part in the contest and making a video tutorial storyboard which is divided into 3 parts. Part 1 discusses the folklore of Sawunggaling, part 2 discusses how to turn a story into an illustration by analyzing the story, and part 3 discusses the steps to draw an illustration. The structure of the video includes introduction, content and closing. After the video preparation process has been validated and declared feasible, it is then followed by uploading the video to the TikTok social media.