Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo
Matematika dan budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika hadir untuk menjembatani antara matematika dan budaya khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada tiga sistem budaya Sidoarjo yaitu kesenian (batik tulis Sekardangan), sistem religi/keagamaan (Masjid Agung Sidoarjo), dan sistem mata pencaharian hidup (kerajinan anyaman bambu). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh memperlihatkan bahwa praktik budaya masyarakat Sidoarjo mengandung aktivitas etnomatematika seperti membilang, mengukur, mendesain, menentukan letak, bermain, dan menjelaskan. Selain itu, berdasarkan kajian etnomatematika terhadap objek budaya Sidoarjo ditemukan beberapa konsep matematika antara lain transformasi geometri, bangun datar, serta bangun ruang. Dengan demikian, budaya Sidoarjo dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran matematika kontekstual.
Kata Kunci: Etnomatematika, Budaya Sidoarjo
Mathematics and culture are something that cannot be separated in everyday life. Ethnomathematics is here to bridge between mathematics and culture, especially in learning mathematics. This study aims to describe the ethnomathematics of three systems of Sidoarjo culture, namely art (Sekardangan batik), religious/religious systems (Agung Mosque of Sidoarjo), and livelihood systems (woven bamboo crafts).This type of research is a qualitative research using an ethnographic approach. Data obtained by interview, observation, and documentation. The results obtained show that the cultural practices of the Sidoarjo people contain ethnomathematical activities such as counting, measuring, designing, determining the location, playing, and explaining. In addition, based on an ethnomathematical study of Sidoarjo cultural objects, several mathematical concepts were found, including geometric transformations, flat shapes, and spatial shapes. Thus, Sidoarjo culture can be used as a source of contextual mathematics learning.
Keywords: Ethnomathematical, Sidoarjo Culture