The Effect Of Technologu Acceptance Model On Interest Use Of Fintech Transactions (Case Study On Unesa Students Using the DANA Application)
Pada Era Revolusi Industri 4.0, teknologi digital berkembang sangat pesat. Teknologi digital disebut Financial Technology, beberapa jenis fintech di Indonesia adalah OVO, DANA, GO-Pay dan LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat penggunaan terhadap minat fintech. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang telah menggunakan aplikasi DANA dengan 270 siswa. Alat uji yang digunakan ialah regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, persepsi manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan.
Kata Kunci: TAM; Persepsi Manfaat; Persepsi Kemudahan; Minat Penggunaan; Aplikasi DANA
In the Industrial Revolution Era 4.0, digital technology developed very rapidly. Digital technology is called Financial Technology, some types of fintech in Indonesia are OVO, FUNDS, GO-Pay and LinkAja. This study aims to determine how the influence of perceived ease of use and perceived usefulness on fintech interests. The population and sample in this study were Surabaya State University students who had used the DANA application with 270 students. The test tool used is multiple regression. Data collection is done by distributing questionnaires to respondents. The results of this study indicate that perceptions of ease have a positive and significant effect on interest in use, perceived usefulness has a positive and significant influence on interest in use.
Keyword: TAM; Perception Usefulness; Perception Ease Of Use; Interest Of Use; DANA Application