Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan, dan Motivasi terhadap Inovasi Karyawan
The Influence of Creativity, Knowledge, and Motivation on Employee Innovation
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kreativitas, pengetahuan, dan motivasi terhadap inovasi karyawan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cantor Pusat Surabaya. Survei ini merupakan pendekatan kuantitatif terhadap 30 karyawan. Analisis statistik penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square) dengan software PLS 3.0. Skala Likert digunakan sebagai skala pengukuran. Hasil survei menunjukkan bahwa kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi karyawan. Selain itu, pengetahuan belum berdampak besar pada inovasi karyawan. Motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap inovasi karyawan, yang menyebabkan perusahaan meningkatkan inovasinya melalui motivasi secara terus menerus. Motivasi berpengaruh besar dan positif terhadap kreativitas, dan pengetahuan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kreativitas. Penelitian ini diharapkan berimplikasi pada peningkatan inovasi karyawan melalui kreativitas, pengetahuan, dan motivasi. Perusahaan yang dapat menerapkan untuk meningkatkan inovasi karyawan adalah dengan menggunakan motivasi ekstrinsik dan intrinsik dari atasan, seperti pemberian kompensasi dan penghargaan. Sehingga karyawan merasa nyaman dan dapat membangkitkan semangat kerja. Perusahaan harus memberikan tantangan atau kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan diri baik dengan melibatkan mereka dalam pelatihan, workshop, atau seminar untuk mengembangkan kreativitas dan pengetahuan mereka atau dengan memberi mereka lebih banyak pengalaman dan pendidikan untuk meningkatkan inovasi.
The purpose of this study was to determine and analyze the impact of creativity, knowledge, and motivation on innovative employees at PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cantor Pusat Surabaya. This survey is a quantitative approach to 30 employees. The statistical analysis of this study is PLS (Partial Least Square) with PLS 3.0 software. The Likert Scale is used as a measurement scale. The survey results show that creativity has no significant impact on employees innovation. In addition, knowledge has not had a substantial impact on employees innovation. Motivation has a significant and positive impact on employees innovation, which causes the companies to improve their innovation through motivation continuously. Motivation has a substantial and positive effect on creativity, and knowledge has a significant and positive impact on creativity. This research is expected to have implications for improving employees' innovation by creativity, knowledge, and motivation. Companies can apply to increase employees innovation is to using extrinsic and intrinsic motivation from superiors, such as giving compensation and reward. Hence, employees feel comfortable and can generate enthusiasm in the workplace. The company should provide challenges or opportunities for employees to develop themselves either by involving them in training, workshops, or seminars to develop their creativity and knowledge or by giving them more experience and education to enhance innovation.