Siti Aisyah Siregar, 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model
POE (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Game Berbasis Aplikasi Educandy
untuk Melatih kan Keterampilan Berpikir
Kritis Peserta Didik SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains , Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof . Yuliani,
M. Si . , (2) Dr . Raharjo,
M. Si.
Kata Kunci : Model
POE, Educandy, Keterampilan Berpikir Kritis
Salah satu keterampilan
yang diperlukan dalam menghadapi abad ke-21 adalah keterampilan berpikir
kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu perangkat
pembelajaran dengan model POE berbantuan
game educandy yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan
keefektifan untuk melatihkan keterampilan
berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4-D (four-D) yang terdiri dari pendefinisian, perancangan,
pengembangan, dan penyebaran. Desain uji coba yang digunakan adalah one
group pre-test post-test design , perangkat pembelajaran diujicobakan pada 68 peserta didik SMPN 1 Gedangan kelas
VIII A dan VIII C. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli,
observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan Percentage of Agreement, N-gain, uji
normalitas, uji Wilcoxon.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: a) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan
ditinjau dari hasil validitas isi, bahasa, dan tampilan dengan kategori valid
serta Percentage of Agreement sebesar
92,4%, b) Kepraktisan ditinjau
dari penilaian keterlaksanaan dan analisis aktivitas peserta didik
memperoleh kategori terlaksana sangat baik dengan perolehan skor Reliabilitas
sebesar 94%, serta kendala yang ditemukan dapat diatasi, dan c) Keefektifan
ditinjau dari ketuntasan keempat indikator berpikir kritis dengan skor 93,68
dan 76,18 kategori tuntas terdapat pada dua indikator yaitu indikator
Interpretasi dan Inferensi, sedangkan untuk dua indikator lainnya yaitu
Analisis dan Evaluasi dari hasil tes memperoleh kategori tidak tuntas dengan
skor 64,34 dan 72,87. Peningkatan indikator berpikir kritis yang dibuktikan
melalui nilai N-gain, memperoleh hasil N-gain indikator berpikir kritis
interpretasi 0,70 dengan kategori Tinggi, N-gain indikator berpikir kritis
analisis, evaluasi dan inferensi memperoleh hasil 0,34, 0,40 dan 0,35, hal ini
menunjukkan bahwa nilai N-gain yang didapatkan berkategori sedang. Kedua kelas
memberikan respon positif terhadap
perangkat pembelajaran model POE berbantuan game berbasis aplikasi educandy .
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis
peserta didik.