Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil buku ajar IPA SMP kelas VIII pada materi tekanan yang digunakan di SMP Negeri 22 Kota Surabaya yang ditinjau dari kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Kelayakan isi buku ajar meliputi ketermuatan dimensi sikap spiritual, dimensi sikap sosial, dimensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan. Sedangkan kelayakan penyajian meliputi penyajian materi dan kelengkapan penunjang penyajian materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Hasil telaah kelayakan isi menunjukkan bahwa buku IPA BSE dapat digunakan didalam kegiatan percobaan diawal pembelajaran, IPA Kurikulum 2013 dan IPA Terpadu sebagai buku pendamping materi untuk siswa, serta buku IPA KTSP dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik melalui contoh-contoh soal yang disajikan didalamnya. Hasil telaah kelayakan penyajian menunjukkan bahwa masing-masing buku ajar sudah layak untuk digunakan didalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat memadukan keempat buku ajar tersebut didalam proses pembelajaran